Home / Alam Islami / Akibat Panama Papers PM Islandia Ajukan Pembubaran Parlemen dan Mengundurkan Diri
Sigmundur_Davíð_Gunnlaugsson

Akibat Panama Papers PM Islandia Ajukan Pembubaran Parlemen dan Mengundurkan Diri

DEN HAAG, ALAMISLAMI.COM, 5/4/2016 – Sigmundur Davíð Gunnlaugsson, Perdana Menteri Islandia, telah mengajukan permohonan kepada Presiden Islandia, Ólafur Ragnar Grímsson, untuk membubarkan parlemen hingga pemilu bisa dipercepat. Gunnlaugsson mendapat tekanan berat dari publik Islandia setelah namanya muncul dalam Panama Papers akhir pekan lalu. Skandal itu membuka hijab bahwa sang perdana menteri melalui perusahaan di luar negeri—atas nama isterinya—ternyata memegang saham 3 bank raksasa Islandia.

Tetap Presiden Grímsson telah menolak permintaan tersebut, setelah ia membahas hal itu bersama sang perdana menteri. Menurut sumber AP dan Reuters, Presiden Grímsson ingin berbicara terlebih dahulu dengan pimpinan parpol lainnya di parlemen. Selasa ini PM Gunnlaugsson telah mengancam untuk mempercepat pemilu jika anggota koalisinya tidak memberinya dukungan lagi. Belum diketahui sikap dan posisi mitra koalisinya, Partai untuk Kemerdekaan (IP), apakah masih mendukung PM Gunnlaugsson atau tidak.

Karena saham tadi PM Gunnlaugsson dianggap miliki kepentingan pribadi terhadap deal yang dia lakukan dengan para penuntut ganti rugi atas 3 bank raksasa Islandia yang bangkrut tahun 2008. Kesepakatan itu, menurut Panama Papers, terlalu menguntungkan Gunnlaugsson.

Hari Senin kemarin, ribuan masyarakat Islandia turun ke jalan memprotes agar PM Gunnlaugsson mundur. Malam ini sedang disiapkan aksi demonstrasi yang lebih besar. Pihak oposisi di parlemen telah mengajukan mosi tidak percaya terhadap sang perdana menteri. Tetapi sebaliknya, PM Gunnlaugsson telah membantah seluruh tuduhan dan menolak untuk mundur.

Langkah yang diambil PM Gunnlaugsson dengan pembubaran parlemen dan mempercepat pemilu tampaknya lebih untuk kepentingan soft-landing dan strategi ‘menyelamatkan muka’.

Hanya saja tekanan publik sangat kuat sehingga menjelang malam ini PM Gunnlaugsson  mengundurkan diri. Beliau merupakan figur publik pertama yang menjadi ‘korban’ dari Panama Papers. Wallahu’alam. (BS/NL)

Keterangan Foto: Sigmundur Davíð Gunnlaugsson, sebelah kiri © Framsókn

image_pdf

Comments

comments

About Baba Siu

Check Also

Cina akan tingkatkan kerjasama kontra-terorisme dengan Turki-islamicgeo

China akan tingkatkan kerjasama kontra-terorisme dengan Turki

BEIJING, ALAMISLAMI.COM — Perbedaan pandangan antara Turki dan China terkait dengan politik China kepada minoritas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *