Home / Alam Islami / Amerika Serikat Menyidik Keterlibatan Gülen dan Gerakannya
fetullah gulen

Amerika Serikat Menyidik Keterlibatan Gülen dan Gerakannya

DEN HAAG, ALAMISLAMI.COM, 20/8/2016 — Kementerian Kehakiman Amerika Serikat telah mengirim satu tim penyidik ke Turki untuk memeriksa apakah Fethullah Gülen terlibat dalam aktivitas kriminal. Hal ini berbeda dari yang diminta pemerintah Turki  yang menuduh Gülen terlibat sebagai inisiator kudeta yang gagal pertengahan Juli lalu (Algemeen Dagblad, 20/8/2016).

Pemerintah Turki meminta agar Amerika Serikat memulangkan Gülen untuk mengikuti proses hukum di Turki. Ankara menyatakan bahwa tokoh berpengaruh ini dan gerakannya, Hizmet, harus bertanggung jawab. Tetapi Gülen menyangkal sengit bahwa dia dan gerakannya terlibat dalam petualangan yang gagal tadi.

Menurut seorang pejabat pemerintah Amerika Serikat, Turki belum menyerahkan  bukti-bukti formal atas keterlibatan Gülen. Tetapi Amerika Serikat siap menyelidiki aktivitas-aktivitas Gülen dan Hizmet yang diduga tidak sah dalam tahun-tahun sebelum meletusnya kudeta yang gagal tersebut.

Pekan lalu tim jaksa penuntut di Turki mengajukan tuntutan hukuman 2 kali seumur hidup dan tambahan 1.900 tahun penjara terhadap Gülen. Disamping tuduhan terlibat kudeta, Gülen juga dituduh terlibat pembiayaan gerakan terorisme melalui Hizmet.

Wakil Presiden Amerika Serikat, Joe Bidden akan mengunjungi Ankara, Rabu depan. Misinya untuk menegaskan dukungan negara tersebut kepada pemerintah Turki sekaligus meredakan ketegangan antara Washington dan Ankara beberapa pekan terakhir. Agenda Bidden antara lain untuk menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban kudeta dan mejumpai Perdana Menteri Turki, Binali Yildirim. Kunjungan itu juga untuk memperlihatkan bahwa Amerika Serikat menolak keras usaha-usaha perebutan kekuasaan yang tidak sah atau menumbangkan pemerintah yang terpilih secara demokratis.

Keterangan Gambar: Fethullah Gülen © Wikipedia

image_pdf

Comments

comments

About Baba Siu

Check Also

Cina akan tingkatkan kerjasama kontra-terorisme dengan Turki-islamicgeo

China akan tingkatkan kerjasama kontra-terorisme dengan Turki

BEIJING, ALAMISLAMI.COM — Perbedaan pandangan antara Turki dan China terkait dengan politik China kepada minoritas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *