Home / Eropa / Belanda / Amsterdam Calon Terkuat Gantikan London sebagai Pusat Perbankan
amsterdam

Amsterdam Calon Terkuat Gantikan London sebagai Pusat Perbankan

DEN HAAG, ALAMISLAMI.COM, 2/7/2016 — Ketika Inggris menuntaskan proses keluar dari Uni Eropa maka peran London sebagai ibukota keuangan dan perbankan di Eropa diperkirakan akan redup. Pertanyaannya kini ialah kota mana yang berpeluang menggantikan peran London tadi?

Menurut survey yang dilakukan The New York Times Amsterdam memenuhi syarat paling lengkap sehingga berpeluang paling besar. Dari 60 nilai maksimal, Amsterdam meraih angka 55. Pesaing terdekatnya, Frankfurt – sebagai salah satu pusat keuangan terkemuka di Eropa – mendapat angka 54. Kemudian disusul oleh Wina (51), Dublin (50), Paris (43) dan Luxemburg (40).

Mengapa Amsterdam? Menurut The New York Times Amsterdam memenuhi banyak kriteria utama yang antara lain: lebih banyak orang yang bisa berbahasa Inggris dengan baik, bisnisnya lancar, sistem transportasi dan komunikasinya sangat baik, tempat tinggal dan ruang kantor sangat memadai dan modern, terdapat banyak sekolah yang bagus, banyak restoran serta tempat-tempat menarik untuk dikunjungi.

Akan tetapi peluang di atas masih menghadapi beberapa tantangan. Para bankir kurang menyukai Amsterdam karena ketika krisis finansial lalu sektor perbankan Belanda menerapkan ambang batas bonus bagi para bankir. Selain itu, perpindahan itu tidak akan terjadi serta-merta tetapi dalam jangka menengah dan panjang sehingga ada waktu bagi dunia perbankan untuk berhitung dalam memilih kota terbaik untuk menggantikan London dalam Uni Eropa.

Beberapa hari lalu Ketua Persatuan Perbankan Belanda, Chris Buijink, menegaskan bahwa tidak ada tanda-tanda sektor perbankan akan berpindah dari London ke Amsterdam sebagai akibat dari Brexit.

Keterangan foto: Perkantoran di Gustav Mahlerplein, de Zuidas, pusat bisnis di Amsterdam © Lex van Lieshout/ANP

image_pdf

Comments

comments

About Baba Siu

Check Also

555444332211

Pengadilan Kasasi Mesir masukkan tokoh Ikhwan dalam list teroris

KAIRO, ALAMISLAMI.COM – Mahkamah Pengadilan Kasasi Mesir menguatkan putusan yang menetapkan tokoh-tokoh Ikhwanul Muslimin masuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *