Home / Alam Islami / Amsterdam Susun Program Baru Menangkal Radikalisasi
eberhard van der laan

Amsterdam Susun Program Baru Menangkal Radikalisasi

Den Haag, ALAMISLAMI.COM, 8/4/2016 – Walikota Amsterdam, Eberhard van der Laan mengumumkan bahwa mereka akan menyusun program baru untuk mengatasi trend meningkatnya radikalisasi di ibukota Belanda tersebut.

Strategi baru tadi — yang akan siap dalam tempo dua bulan — beranjak dari pemikiran bahwa para jihadis yang menggunakan kekerasan dalam aksi mereka ternyata berasal dari anak-anak muda yang mengalami masalah kesehatan psikologis yang akut; bukan dari kalangan Islam radikal — sebagai manifestasi keyakinan ideologis — sebagaimana yang diduga selama ini. Teori ini dibangun oleh analis psikologi dari Inggris, David Kenning.

Pihak DPRD Amsterdam, Kamis malam, 7/4/2016, membahas isu peningkatan ancaman radikalisasi di kota itu. Menurut Van der Laan, saat ini ada 50 orang di Amsterdam yang berada dalam pengawasan aparat keamanan secara kontinyu dan melekat.

Sang walikota juga menambahkan bahwa Amsterdam telah memiliki tim elit yang bisa bertindak cepat dalam menanggulangi ancaman terorisme. Mereka segera bergerak begitu ada sinyal ancaman serangan. Mereka bersenjata lengkap, berpatroli dengan kenderaan biasa dan berpakaian preman. Untuk melindungi masyarakat dan memberikan rasa aman, tim ini bertugas melumpuhkan pelaku sebelum rakyat sipil yang tidak berdosa menjadi korban serangan teroris. (BS/NL)

Keterangan foto: Walikota Amsterdam, Eberhard van der Laan © Mirande Phernambucq

image_pdf

Comments

comments

About Baba Siu

Check Also

Cina akan tingkatkan kerjasama kontra-terorisme dengan Turki-islamicgeo

China akan tingkatkan kerjasama kontra-terorisme dengan Turki

BEIJING, ALAMISLAMI.COM — Perbedaan pandangan antara Turki dan China terkait dengan politik China kepada minoritas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *