Home / Alam Islami / Anggarkan $ 2 trilliun, Ekonomi Arab Saudi Siap Lepas Ketergantungan pada Sektor Ekspor minyak
Anggarkan $ 2 trilliun,  Ekonomi Arab Saudi Siap Lepas Ketergantungan pada Sektor Ekspor minyak-islamicgeo

Anggarkan $ 2 trilliun, Ekonomi Arab Saudi Siap Lepas Ketergantungan pada Sektor Ekspor minyak

RIYADH, ALAMISLAMI.COM — Melalui wawancara di Bloomberg News (Jumat, 1/4/2016), Putra Mahkota Muhammad Bin Salman, wakil perdana menteri dan menteri pertahanan mengemukakan rencana Arab Saudi untuk menggelontorkan anggaran sebesar $ 2 trilliun sebagai upaya mempersiapkan era eknomi pasca minyak (post-oil economy).

Anggaran ini akan menjadi yang terbesar di dunia dan tercatat akan mengungguli anggaran dari Norwegia dan Qatar. Perencanaan anggaran ini dianggap penting sebagai upaya Arab saudi untuk mengurangi ketergantungan ekemonominya dari sektor minyak.

Salah satu strategi yang akan ditempuh adalah dengan melakukan penjualan saham Aramco dan kemudian mengubahnya dari perusahaan produsen minyak menjadi konglomerasi industri. Dalam wawancara yang sama, Pangeran Muhammad Said meyakinkan bahwa tugas mendiiversifikasi investasi adalah sebuah prioritas , dimana dalam jangka waktu 20 tahun, harapannya Arab saudi akan menjadi negara yang tidak tergantung sepenuhnya pada produksi minyak.

Strategi ini memang baru muncul hampir delapan dekade semenjak penemuan minyak di Arab saudi. Penjualan Aramco akan direncakan berlangsung tahun 2018 atau mungkin lebih cepat, dana yang ada, kemudian akan digunakan dalam berbagai strategi investasi ekonomi baik di dalam atau di luar negeri. (Saudigazette.com.sa/Alan)

image_pdf

Comments

comments

About admin

Check Also

Perang-Proxy-Gerakan-Separatis-Darfur-di-Libya-islamicgeo

Perang Proxy Gerakan Separatis Darfur di Libya

Sejak awal berdirinya, Gerakan-gerakan Separatis Sudan penuh dengan raport kejahatan berupa penculikan, pembunuhan, penjarahan dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *