Home / Alam Islami / AS Dukung Kelompok ‘Ya’ dalam Raadgevend Referendum di Belanda, 6 April 2016
raadgevendreferendum

AS Dukung Kelompok ‘Ya’ dalam Raadgevend Referendum di Belanda, 6 April 2016

DEN HAAG, ALAMISLAMI.COM—Amerika Serikat secara eksplisit menyerukan publik Belanda untuk memilih ‘ya’ dalam raadgevend referendum terhadap Kesepakatan Asosiasi Ukraina-Uni Eropa yang akan dilaksanakan di Belanda, Rabu, 6/4/2016. Hasil raadgevend referendum tidak mengikat pemerintah dalam mengambil kebijakan tetapi bisa menjadi barometer dukungan publik terhadap arah kebijakan pemerintah sehingga dapat menjadi pertimbangan. Mekanisme jajak-pendapat konstitusional ini merupakan hal yang baru di Belanda dan akan digulirkan pertama kalinya tanggal 6/4/2016 tersebut.

Menurut Direktur Komunikasi Kemlu AS, Elizabeth Trudeau, dukungan publik Belanda terhadap kesepakatan di atas akan membawa banyak manfaat bagi ekonomi Belanda, Ukraina dan Uni Eropa. Jubir Kemlu AS itu juga mengingatkan kembali bahwa AS dan Belanda merupakan pendukung utama di balik aksi demontrasi dan protes di Kiev beberapa tahun lalu. Kemlu AS juga meyakinkan bahwa penandatanganan kesepakatan ini akan menciptakan kawasan yang lebih stabil serta terkonsolidasinya demokrasi di negara yang berbatasan langsung dengan Rusia itu.

Pemerintah Belanda sendiri mendukung kesepakatan ini. Tetapi beberapa parpol oposisi dan figur publik Belanda menolaknya. Di antara parpol yang menolak adalah Partai Sosialis (SP) dan Partai untuk Kebebasan (PVV). Yang dikuatirkan oleh adalah SP adalah tingkat korupsi yang masif di Ukraina serta tingginya biaya untuk mereformasi negeri tersebut. Sedangkan PVV mengkuatirkan bahwa kesepakatan asosiasi ini akan berujung pada bergabungnya Ukraina ke dalam Uni Eropa. Meskipun demikian, sebagian besar negara anggota Uni Eropa telah menyetujui kesepakatan tadi.

Secara geopolitik penandatanganan Kesepakatan Asosiasi Ukraina-Uni Eropa itu dibayangi tarik-menarik pengaruh antara Uni Eropa dan sekutunya dengan Rusia. Proses dan hasilnya akan dipengaruhi dan mempengaruhi konteks suasana tadi di mana Rusia menawarkan alternatif bagi Ukraina untuk bergabung ke dalam Uni Duane Eurasia yang mencakup Armenia, Belarusia, Kazakhstan, Kyrgistan, dan Rusia. (BS/NL)

Keterangan ilustrasi: Raadgevend referendum © Gemeente Het Bildt

image_pdf

Comments

comments

About Baba Siu

Check Also

Putin Dunia Islam dapat memperhitungkan Russia-islamicgeo

Putin: Dunia Islam dapat Memperhitungkan Russia

MOSCOW, ALAMISLAMI.COM — Presiden Russia Vladimir Putin mengatakan pada Rabu (17/5) bahwa Russia akan selalu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *