Home / Alam Islami / Boarding Pesawat Cukup dengan Wajah di Schiphol
paspor

Boarding Pesawat Cukup dengan Wajah di Schiphol

DEN HAAG, ALAMISLAMI.COM, 07/02/2017 — Bandara Schiphol di Belanda akan menjadi bandara pertama di dunia yang akan menggunakan sistem boarding hanya dengan menggunakan wajah penumpang. Dengan metode demikian penumpang tidak perlu lagi menunjukkan paspor dan boarding pass. Pola ini segera belaku di Terminal F6 Bandara Schiphol untuk masa ujicoba selama 3 bulan. Selama masa ujicoba tersebut akan dievaluasi sejauhmana metode tadi ampuh, cepat serta mudah digunakan.

Dalam masa ujicoba para penumpang boleh dengan sukarela ikut serta dalam program ini. Di ruang tunggu penumpang mendaftarkan diri, kemudian paspor dan boarding pass-nya dibindai. Setelah itu penumpang menggunakan layar biometrik untuk mengenal wajah dan retinanya. Menurut Schiphol data penumpang yang diserap otomatis akan terhapus dari sistem setelah penumpang tadi masuk ke pesawat.

Jika ujicoba tadi dianggap berhasil maka akan dipasang lebih banyak layar pendeteksi wajah tadi di bandara. Juga sedang dipelajari metode yang sama digunakan ketika melewati otoritas imigrasi bandara.

Schiphol selalu melakukan perbaikan dalam pelayanannya. Tahun lalu sudah diujicoba mesin pemindai koper yang dibawa penumpang ke kabin. Disamping itu, laptop, tablet dan cairan tidak perlu lagi dikeluarkan ketika pemeriksaan barang-barang penumpang yang dibawa ke kabin. Bagi penumpang, cara ini selain lebih nyaman, cepat, juga lebih aman.

Sumber gambar: EQRoy/Shutterstock, Inc.

image_pdf

Comments

comments

About Baba Siu

Check Also

Cina akan tingkatkan kerjasama kontra-terorisme dengan Turki-islamicgeo

China akan tingkatkan kerjasama kontra-terorisme dengan Turki

BEIJING, ALAMISLAMI.COM — Perbedaan pandangan antara Turki dan China terkait dengan politik China kepada minoritas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *