Home / Alam Islami / Bom Ankara 13 Maret 2016 – Bagian 2
Akibat bom Ankara (Sumber CNN)
Akibat bom Ankara (Sumber CNN)

Bom Ankara 13 Maret 2016 – Bagian 2

Ankara, ALAMISLAMI.COM

Analisa

Kızılay merupakan jantung dari kota Ankara. Disana merupakan pusat aktivitas, pusat bisnis dan transportasi serta hiburan di kota Ankara. Menarık memang mengenai kejadian bom ini, Kedubes AS di Ankara sebelumnya sudah memberikan peringatan kepada warga negara AS di Ankara melalui websitenya untuk menghindari sejumlah titik di kota Ankara akan adanya ancaman keamanan. Dengan tudingan yang muncul di media bahwa informasi tersebut didapatkan sebelum terjadinya bom Ankara, pihak kedubes menyatakan bahwa pihaknya mendapatkan informasi dari otoritas Turki akan adanya kemungkinan serangan tersebut.

Hal ini yang tidak bisa kita pisahkan dari rangkaian ledakan sebelumnya pada 10 Oktober 2015 terjadi ledakan bom di Satsiun Kereta Api Ankara yang menewaskan 102 korban jiwa dan pelaku peledakan bom tersebut adalah anggota ISIS. Kedua, terjadi pada tanggal 27 Februari 2016 yang terjadi di dekat markas militer di Ankara yang menewaskan 29 korban jiwa dan pelaku peledakan adalah anggota PKK. Dalam sumber lain menyatakan bahwa bom yang terjadi di dekat markas militer Turki dilakukan oleh Kurdistan Freedom Hawks–sumber lain sebutkan Kurdistan Freedom Falcons(Teyrêbazên Azadiya Kurdistan / TAK) yang punya afiliasi dengan PKK.

Bom Ankara 13 Maret 2016, salah satu dari dua pelaku pengeboman yang terjadi di Ankara pada 13 Maret kemarin dilakukan oleh anggota wanita PKK bernama Seher Çağla Demir yang telah bergabung bersama PKK sejak 2013. Pelaku pengeboman tersebut terlahir pada tahun 1992 yang berasal dari kota Kars di Timur Turki.Pelaku ini memiliki keterkaitan dengan partai Kurdi yang berhasil masuk dalam parlemen Turki, HDP. Dari info yang beredar juga bahwa diirnya memiliki keterkaitan dengan Can Dundar wartawan yang akhirnya dibebaskan oleh pengadilan Turki beberapa waktu lalu

Respon dari serangan teror yang terjadi, tim anti-teror Turki telah menangkap 69 tersangka secara simultan dalam operasi anti-teror di berbagai kota Turki seperti yang terjadi di distrik Sultangazi dan Gaziosmanpaşa Istanbul.

Di tempat lainnya di kota Sirnak Tenggara Turki pemerintahan lokal menyatakan diberlakukannya jam malam pada hari Minggu ini. Pemerintah Sirnak menyatakan jam malam ini dilakukan untuk menangkap anggota kelompok teroris PKK. Sebelumnya, jam malam juga berlaku di distrik Yükşekova di provinsi Hakkari dan distrik NusaybIn provinsi Mardin dimana dilakukan operasi menghadapi kelompok PKK. Sebelumnya, operasi anti-teror dilakukan militer Turki di kota lainnya di tenggara Turki yaitu distrik Cizre, Silopi, dan İdil di provinsi Şırnak, dan distrik Silvan dan Sur di kota Diyarbakir.

Dalam sejumlah operasi militer juag dilakukan penyisiran di sepanjang perbatasan Turki dengan Irak dan Iran. Operasi banyak dilakukan mengingat akan adanya rencana PKK untuk melakukan total war di musim semi khususnya di wilayah urban. Total sudah 1,220 teroris tewas sejak awal Desember dalam sejumlah operasi anti-teror di wilayah Tenggara Turki sebagaimana yang dilansir pihak militer Turki (TSK) bahkan telah dibangun 2,287 parit perlindungan dan barikade dari operasi militer yang ada: 22 di Silvan, 243 di Sur, 971 di Cizre, 263 di İdil dan 788 di Silopi.

Disamping itu, serangan udara Turki di utara Irak menewaskan 67 anggota PKK khususnya di Kota Qandil, Metina, Haftanin dan Avasin-Basyan pada pekan lalu. Operasi miiter melalui serangan udara hadapi PKK di Irak telah dilakukan sejak Juli sejak PKK menyatakan akan melanjutkan 30 tahun perang hadapi Turki.

Kelompok PKK tidak sendiri melainkan membentuk aliansi yang dinamakan dengan “Peoples’ United Revoluion Movement” (HBDH) bersama dengan sejumlah kelompok teroris lainnya; TKP/ML-PKK – THKP-C/MLSPB – MKP – TKEP-LENİNİST – TİKB – DKP – DEVRÎMCÎ KARARGAH – MLKP.

Dari pola serangan yang dilakukan PKK terjadi transformasi dengan sebelumnya. Dilihat dari kejadian kemarin, PKK menargetkan sipil dalam serangannya dan berbeda dengan serangan sebelumnya yang lebih menargetkan pihak keamanan Turki. Sejauh ini Turki menjadi terget serangan klompok teoris khsusnya PKK dan afiliasinya yaitu PYD serta sayap militernya YPG dan ISIS.

Keamanan Turki menjadi aspek serius mengingat dinamika yang terjadi tidak hanya secara domestik Turki khususnya di wilayah timur dan tenggara malainkan juga di kawasan Timur Tengah dan terlalu dini untuk mengatakan bahwa apa yang terjadi di Turki adalah sebuah instabilitas nasional.

Aksi teror yang terjadi direspon pemerintah Turki dengan berbagai operasi militer Turki. Pun juga saat ini ancaman keamanan juga terjadi dalam level yang berbeda khususnya dengan usaha pemerintah Turki menghadapi ancaman nasional lainnya yaitu jaringan kelompok Fethullah Gulen.

Melihat perkembangan ke depan, isu teror menjadi instrumen yang tidak mudah ditebak kecuali dengan respon intelijen dan keamanan. Ancaman masih dimungkinkan terjadi mengingat perkembangan kelompok separatis yang juga dengan adanya konflik Suriah relatif menguat kekuatannya termasuk dengan adanya suplai senjata dari negara-negara barat. Lebih lanjut juga yang perlu jadi perhatian adalah masalah perekonomian Turki khususnya terkait dengan perkembangan industri pariwisata Turki yang memiliki kecenderungan besar berpengaruh akibat adanya ancaman keamanan di dalam negeri Turki. Disamping itu, ancaman keamanan di Turki ini sebenarnya akan memiliki dampak yang sangat luas bagi daerah di sekitar yang berbatasan dengan Turki. (ANW)

image_pdf

Comments

comments

About Nuryadi Ngadirin

Check Also

Cina akan tingkatkan kerjasama kontra-terorisme dengan Turki-islamicgeo

China akan tingkatkan kerjasama kontra-terorisme dengan Turki

BEIJING, ALAMISLAMI.COM — Perbedaan pandangan antara Turki dan China terkait dengan politik China kepada minoritas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *