Home / Afrika / Brexit Kubur Mimpi Puluhan Ribu Orang Belanda-Somali
somaliers

Brexit Kubur Mimpi Puluhan Ribu Orang Belanda-Somali

DEN HAAG, ALAMISLAMI.COM, 08/01/2017 –  Puluhan ribu warga Belanda asal Somalia yang tinggal dan bekerja di Inggris terancam kehilangan izin tinggal mereka ketika Brexit berlaku. Nasibnya akan sama dengan 3,3 juta warga negara Uni Eropa lainnya.

Di Birmingham saja terdapat sedikitnya 30-an ribu orang Belanda-Somali tersebut. Mereka adalah para pencari suaka dari Somalia akibat perang saudara di sana. Kemudian mereka memilih pindah ke Inggris setelah mendapatkan paspor Belanda sekitar tahun 2000 karena di Belanda mereka sulit mendapatkan pekerjaan, birokrasi berliku serta ditempatkan di provinsi-provinsi terpencil. Sedangkan di Inggris mereka dapat bekerja dan tinggal dengan relatif mudah bahkan sekarang banyak anak-anak mereka yang kuliah dan lulus dari perguruan tinggi di sana.

Mereka dapat berkembang pesat di Inggris karena para pendatang bisa hidup secara erat dan berdekatan dengan komunitas masing-masing. Banyak dari pendatang Belanda-Somali tersebut yang telah punya usaha atau bisnis sendiri.

Kini mimpi tersebut sepertinya akan sirna. Bisnis semakin tidak menguntungkan karena kondisi ekonomi. Anak-anak mudanya banyak yang tersangkut tindak kejahatan serta Brexit mengancam kepastian eksistensi mereka di Inggris. Banyak dari mereka kini menimbang untuk balik ke Belanda. Tapi banyak pertanyaan yang harus mereka jawab sebelum benar-benar memutuskan pulang, misalnya di mana mereka akan tinggal di Belanda nantinya? Sementara itu masih ada Belanda-Somali yang kini tetap bertolak ke Inggris karena di Belanda mereka tidak mendapatkan pekerjaan. (BS/NL)

 

Sumber gambar

image_pdf

Comments

comments

About Baba Siu

Check Also

Cina akan tingkatkan kerjasama kontra-terorisme dengan Turki-islamicgeo

China akan tingkatkan kerjasama kontra-terorisme dengan Turki

BEIJING, ALAMISLAMI.COM — Perbedaan pandangan antara Turki dan China terkait dengan politik China kepada minoritas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *