Home / Alam Islami / Di Luar Turki, Pendukung Terkuat Erdoğan Ada di Belanda
erdogan dan rutte

Di Luar Turki, Pendukung Terkuat Erdoğan Ada di Belanda

DEN HAAG, ALAMISLAMI.COM — Pemerintah Belanda boleh tersinggung atas surat yang dikirim seorang staf Konsulat Turki di Rotterdam kepada orang Turki Belanda untuk melaporkan penghinaan atas Turki, bangsa Turki dan Presiden Recep Tayyip Erdoğan, tetapi secara faktual masyarakat Turki di Belanda ternyata pendukung terbesar Erdoğan di luar Turki.

Atas kasus seruan dari Konsulat Turki di atas, menurut Menlu Belanda, Bert Koenders, Belanda dan Turki tidak perlu saluran hotline. Pemerintah Belanda hanya menyatakan ‘not amused’ atas dugaan campur tangan pemerintah Turki tadi serta mengirimkan nota protes. Seruan tadi pun telah dicabut dan Turki menyatakan itu bukan kebijakan resmi pemerintah.

Besarnya dukungan orang Turki di Belanda kepada Erdoğan diperlihatkan data perolehan suara dalam pemilu terakhir. Sekitar 7 dari 10 (69%) orang Turki memilih AKP (partai pemerintah dan pendukung Erdoğan) dalam pemilu November 2015. Angka itu adalah tertinggi di seluruh dunia. Tempat kedua diduduki Belgia. Cukup mencengangkan bahwa tingkat partisipasinya juga tinggi yaitu 49%. Padahal TPS di Belanda tidak banyak.

Menurut pakar dari Instituut voor Migratie en Etnische Studies, Floris Vermeulen, dukungan yang begitu besar kepada Erdoğan sebagian dipengaruhi oleh kondisi geografis. Para pekerja migran Turki dulunya mayoritas berasal dari pedesaan, kawasan domisili Muslim konservatif. Mereka ini, menurut Vermeulen, adalah pendukung utama AKP di Belanda. Orang Turki di Belanda merasa bangga bahwa Erdoğan telah berhasil membangun Turki kembali menjadi negara besar. “Mereka dididik menjadi nasionalistik. Erdoğan berhasil membuktikan sentimen tersebut. Turki kembali menjadi pemain utama di kawasan. Mereka bangga dengan akar sejarah, bangsa dan budayanya,” tegas Vermeulen.

Menurut Vermeulen, kebanggan tadi juga tumbuh oleh perasaan teralienasi oleh masyarakat Belanda. Mereka mendapat diskriminasi di lapangan kerja dan merasa tidak diterima di Belanda. Sentimen ini bahkan semakin besar terjadi di kalangan generasi ketiga mereka di Belanda yaitu anak-anak muda Turki saat ini yang merasa lebih dekat dan nyaman dengan Turki dibandingkan Belanda. (BS/NL)

Keterangan foto: Presiden Recep Tayyip Erdoğan dan Perdana Menteri Mark Rutte © ANP

image_pdf

Comments

comments

About Baba Siu

Check Also

Cina akan tingkatkan kerjasama kontra-terorisme dengan Turki-islamicgeo

China akan tingkatkan kerjasama kontra-terorisme dengan Turki

BEIJING, ALAMISLAMI.COM — Perbedaan pandangan antara Turki dan China terkait dengan politik China kepada minoritas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *