Home / Alam Islami / Dinas Intelijen Ingatkan Pemerintah Jerman Agar Waspada terhadap Rusia
bnd

Dinas Intelijen Ingatkan Pemerintah Jerman Agar Waspada terhadap Rusia

DEN HAAG, ALAMISLAMI.COM, 14/01/2017 – Dua lembaga intelijen Jerman baik Dinas Intelijen Federal (Bundesnachrichtendienst atau BND) maupun Kantor Federal Perlindungan Konstitusi (Bundesamt für Verfassungsschutz atau BfV) mengingatkan pemerintah Jerman atas pengaruh Rusia di Eropa. Menurut kedua lembaga rahasia Jerman tadi, Rusia telah mencoba secara sistematik memecah-belah AS dan Eropa.

BND adalah lembaga intelijen yang bertanggung jawab atas ancaman eksternal atas Jerman dan kepentingannya; sedangkan BfV bertanggung jawab atas keamanan dalam negeri.

BND dan BfV secara bersama baru saja menuntaskan penyelidikan atas dugaan ‘operasi psikologis’ yang dilakukan Rusia. Temuan dan kesimpulannya telah diserahkan kepada pemerintah, demikian menurut sumber Der Spiegel, Sabtu, 14/01/2017.

Menurut kedua dinas rahasia Jerman tadi, Rusia telah lama memainkan pengaruhnya atas masyarakat negara-negara Eropa. Menurut mereka Moskow ingin memantik konflik horizotal dan vertikal di tengah masyarakat. Disamping itu Rusia juga diduga berusaha menimbulkan keraguan antara AS dan Eropa. Namun, Berlin belum memutuskan mengumumkan secara resmi temuan tersebut.

Penyelidikan dilakukan BND dan BfV setelah terjadinya serangan-siber atas Parlemen Jerman (Bundestag) awal 2015 yang diduga dilakukan Rusia. Kemudian disusul dengan kasus hilangnya Lisa, seorang remaja peranakan Jerman-Rusia yang kemudian ditemukan dan mengaku diperkosa oleh para pengungsi. Kasus Lisa ini sempat menimbulkan ketegangan antara Berlin dan Moskow. Rusia mengatakan Jerman berusaha menutupi kasus tadi. Sedangkan Jerman menegaskan bahwa gadis itu telah berdusta.

Pihak NATO sendiri juga kuatir dengan pengaruh Moskow ini. Sekjen NATO, Jens Stoltenberg menyebutkan bahwa setiap usaha untuk mempengaruhi hasil pemilu di negara lain merupakan tindakan yang ‘tidak dapat diterima’. NATO sendiri telah mengambil langkah bahwa melawan serangan-siber kini diprioritaskan. Langkah lainnya adalah mengantisipasi propaganda Moskow dengan kontrapropaganda. (BS/NL)

image_pdf

Comments

comments

About Baba Siu

Check Also

Cina akan tingkatkan kerjasama kontra-terorisme dengan Turki-islamicgeo

China akan tingkatkan kerjasama kontra-terorisme dengan Turki

BEIJING, ALAMISLAMI.COM — Perbedaan pandangan antara Turki dan China terkait dengan politik China kepada minoritas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *