Home / Afrika / Enough Project Amerika dan Upaya Meningkatkan Sanksi terhadap Sudan
Enough Project Amerika dan Upaya Meningkatkan Sanksi terhadap Sudan-islamicgeo

Enough Project Amerika dan Upaya Meningkatkan Sanksi terhadap Sudan

JAKARTA, ALAMISLAMI.COM — Pada tanggal 4/42016, lembaga Enough Project Amerika Serikat (http://www.enoughproject.org) yang memiliki motto “The project to end genocide and crime against humanity” melakukan kampanye mengumpulkan tanda tangan (petisi) yang rencananya akan diserahkan kepada Presiden Barak Obama dan anggota Kongres Amerika agar semakin meningkatkan sanksi ekonomi kepada pemerintah Sudan.

Kampanye yang dilakukan Enough Project selama bulan April ini fokus mengkampanyekan apa yang disebutnya sebagai (permasalahan pembantaian massal dan respon yang perlu dilakukan), di mana, dalam laporannya, Enough Project Amerikan menyebut pemerintah Sudan telah melakukan marjinalisasi, pengucilan dan kekerasan.

Lembaga ini juga meminta Presiden Obama bersama menteri luar negeri, menteri keuangan dan stack holder di Amerikan untuk memperbaharui sanksi ekonomi saat kepada Sudan dengan menerapkan sanksi yang mencakup emas, perusahaan-perusahaan lembaga keamanan dan intelejen Sudan dan perusahaan angkatan bersenjata Sudan.

Apa yang dilakukan oleh lembaga Enough Preject ini, tak lain adalah pengulangan yang sering dilakukan oleh lembaga ini terhadap Pemerintah Sudan. Terlebih lagi karena kampanye yang mereka lakukan ini bersamaan dengan perkembangan yang terjadi di Sudan yang sedang mengelami stabilitas, juga bertepatan dengan kemenangan-kemenangan yang digapai oleh Angkatan Bersenjata Sudan atas pasukan separatis.

Di sini lembaga Enough Project Amerika mengabaikan upaya Pemerintah Sudan untuk mewujudkan stabilitas keamanan di Sudan, dan tidak pernah mengkritisi atau mengangkat tentang tindakan yang dilakukan oleh gerakan separatis bersenjata yang terus menteror warga sipil, melakukan penjarahan dan pengrusakan di desa-desa yang aman.

Laporan-laporan Enough Preject Amerika ini yang tidak berdasar pada bukti semakin mendorong gerakan separatis untuk bersikap keras dalam diplomasi dan mendorong untuk mengagalkan segala upaya untuk mewujudkan perdamaian. Lembaga Enough Project Amerika juga tidak pernah membahas mengenai apa yang telah dilakukan oleh gerakan separatis yang menghancurkan infrastruktur juga tindakan separatis yang menjadikan masyarakat sipil sebagai tameng di daerah-daerah terbatas yang mereka kuasai, memakasakan pajak kepada warga sipil.

Gerakan separatisme Darfur yang dibela oleh Lembaga Enough Project Amerika juga memanfaatkan kebebasan yang diberikan oleh Pemerintah Sudan dengan melakukan tindakan teror terhadap camp-camp pengungsi yang dikuasainya, di mana sebelumnya separatisme Darfur telah mengeksekusi mati pemimpin-pemimpin camp dan pemimpin kampung yang kelihatan keinginanannya untuk melakukan perdamaian.

Di tengah situasi yang terjadi di Sudan saat ini, Lembaga Enough Project Amerika melakukan kampanye terhadap rakyat Sudan, yang sejatinya mereka lakukan adalah seruan untuk memberikan tekanan kepada gerakan-gerakan separtisme agar menandatangani road map yang mendapat dukungan internasional yang berusaha untuk menyelesaikan konflik yang terjadi di Sudan.

Apa yang dilakukan oleh Lembaga Enough Project Amerika ini adalah bukti nyata bahwa pada hakikatnya mereka sama sekali tidak berpihak pada kepentingan rakyat Sudan, tapi memanfaatkan penderitaan rakyat Sudan, di mana agenda mereka menghadang proyek perdamaian dan stabilitas di Sudan.

Kampanye yang dilakukan oleh Enough Preject Amerika sama sekali tidak beretika yang tidak menginginkan perkembangan positif terjadi di Sudan, seperti adanya road map perdamaian yang diharapkan oleh komunitas internasional. Di mana Uni Eropa pada tanggal 5 April 2016 mengeluarkan pernyataan yang menegaskan perhatian Uni Eropa untuk menguatkan kemungkinan-kemungkinan komunikasi untuk menyelesaikan pertikaian internal Sudan melalui inisiatif yang disodorkan oleh pemerintah Sudan dan anggota tingkat tinggi Uni Afrika, hal tersebut dalam pembicaraan yang berlangsung antara Sudan dan pihak oposisi di Ades Ababa.

Upaya-upaya untuk mengagalkan perdamaian di Sudan tidak berhenti, walaupun laporan-laporan seperti yang dirilis oleh Enough Project Amerika dan lembaga barat dan aktifis lainnya, bukti-bukti menunjukkan bahwa mereka anti perdamaian demi memperjuangkan kepentingan mereka. Agenda di balik apa yang dilakukan oleh Lembaga Enough Project Amerika untuk meninggingkatkan sanksi terhadap Pemerintah Sudan pada hahikatnya untuk mewujudkan agenda gerakan-gerakan separatisme dan oposisi yang terus bersikeras menolak setiap momentum perdamaian yang dimediasi oleh pihak Afrika, upaya perdamaian terakhir  yang ditolak oleh mereka adalah road map perdamaian.

Kampanye yang dilakukan oleh Enough Project juga memanfaatkan empati rakyat Amerika yang besar terhadap sisi kemanusian dengan kebohongan-kebohongan yang dibuat sempurnan oleh Enough Project dan hal ini telah dilakukan oleh Enough Project dalam kurung sepuluh tahun terakhir.

Sumber: islamicgeo.com

image_pdf

Comments

comments

About Muhammad Anas

Mahasiswa Pascasarjana Politik dan Hubungan Internasional Timur Tengah Universitas Indonesia, owner Islamic Geographic www.islamicgeo.com dan indonesiaalyoum.com

Check Also

Perang-Proxy-Gerakan-Separatis-Darfur-di-Libya-islamicgeo

Perang Proxy Gerakan Separatis Darfur di Libya

Sejak awal berdirinya, Gerakan-gerakan Separatis Sudan penuh dengan raport kejahatan berupa penculikan, pembunuhan, penjarahan dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *