Home / Alam Islami / Hubungannya dengan Belanda, Turki di Atas Angin
ebru umar

Hubungannya dengan Belanda, Turki di Atas Angin

DEN HAAG, ALAMISLAMI.COM, 30 April 2016 — Hubungan Belanda-Turki kembali diuji. Kali ini terkait penahanan kolomnis Belanda keturunan Turki, Ebru Umar yang sedang berkunjung ke negeri leluhurnya itu, 23 April 2016. Sehari kemudian, rumahnya di Amsterdam dimasuki orang tidak dikenal.

Ebru sudah dilepas tetapi tidak boleh keluar dari Turki. Delik kesalahannya ialah kolom yang dia tulis di Metro beberapa waktu lalu untuk merespon seruan yang dibuat staf Konsulat Turki di Rotterdam kepada orang Turki Belanda untuk melaporkan penghinaan terhadap Turki dan semua simbol-simbol utama Turki.

Di kolom itu dia antara lain menulis: “Kepada setiap orang Turki Belanda (Erbru menggunakan istilah ‘Nederturk’) yang menyokong seruan konsulat dan mengulang perlakuan NSB (Gerakan Fasis Belanda di zaman Nazi) kepada orang-orang Belanda yang kritis terhadap Sultan Erdogan, diktator yang paling megalomaniak yang dikenal Turki sejak menjadi repblik tahun 1923, saya hanya punya satu ungkapan buat kalian: mampus (terjemahan versi halus).”

Menanggapi kasus ini pemerintah Belanda dianggap seolah ’tidak berdaya’ oleh sebagian masyarakat Belanda. Bahkan dua harian utama Belanda De Telegraaf dan Algemeen Dagblad menampilkan karikatur dan tajuk yang provokatif sebagai reaksi penangkapan Ebru. Perdana Menteri Mark Rutte menyanggah bahwa pemerintah tidak melakukan apa-apa. Menurutnya, dia langsung berkomunikasi dengan sejawatnya di Turki. Bahkan juga telah menelpon Ebru. Hanya saja dia tidak ingin ’mengajar’ negara lain tentang kebebasan berpendapat di muka publik.

Sedangkan Menteri Luar Negeri Belanda, Bert Koenders menegaskan bahwa pemerintah Belanda sedang mengupayakan pembebasan Ebru serta memberikan advokasi hukum.

Posisi Turki sangat kuat. Bagi Belanda, Turki tidak saja mitra dagang yang sangat signifikan tetapi juga memiliki kartu penting dalam menghentikan arus pengungsi yang masuk ke Eropa beberapa waktu lalu. Belum lagi peran dan pengaruh regional Turki sangat dominan. Bagaimana kasus ini akan berkembang dan implikasi lebih jauh terhadap hubungan Belanda-Turki, waktu yang akan memperlihatkan. (BS/NL)

Keterangan foto: Ebru Umar © Oscar

 

image_pdf

Comments

comments

About Baba Siu

Check Also

Cina akan tingkatkan kerjasama kontra-terorisme dengan Turki-islamicgeo

China akan tingkatkan kerjasama kontra-terorisme dengan Turki

BEIJING, ALAMISLAMI.COM — Perbedaan pandangan antara Turki dan China terkait dengan politik China kepada minoritas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *