Home / Afrika / Insentif bagi Negara yang Menerima Kembali Warganya dari Uni Eropa
Italian navy rescue asylum seekers

Insentif bagi Negara yang Menerima Kembali Warganya dari Uni Eropa

DEN HAAG, ALAMISLAMI.COM, 11/6/2016 —  Negara-negara yang ingin bekerjasama menerima kembali warganya yang dideportasi dari Uni Eropa karena permohonan suaka/izin tinggalnya ditolak akan menerima insentif finansial dan kemudahan lainnya. Kalau tidak, mereka akan menerima konsekuensinya.

Usulan itu dibahas Komisi Eropa di Strasbourg beberapa hari di mana mereka akan menjalin kesepakatan dengan negara-negara asal para pendatang gelap dari Afrika dan Timur Tengah. Etiopia, Jordania, Lebanon, Mali, Nigeria, Niger dan Senegal termasuk dalam kategori negara target perjanjian.

Target jangka pendek strategi itu adalah untuk mengurangi jumlah pengungsi yang tenggelam di Laut Tengah. Menurut ‘Menlu’ Uni Eropa, Federica Mogherini, menyatakan ada ribuan orang bertaruh jiwa di gurun-gurun Afrika dalam perjalanan untuk mencapai Eropa.

Negara-negara yang bersedia bekerjasama akan menerima bonus kemudahan dalam perdagangan, dukungan ekstra dalam kerjasama pembangunan serta anggaran untuk membangun fasilitas penjagaan perbatasan atau sarpras penampungan pengungsi yang lebih di negara masing-masing. Jika menolak, Uni Eropa akan memperketat kebijakan visa bagi warga negara-negara target termasuk menghentikan kerjasama sektor pertanian dengan mereka.

Dalam periode 5 tahun ke depan Uni eropa mengalokasikan beberapa milyar euro untuk menjamin bahwa para pengungsi bertahan dalam atau di sekitar negara masing-masing alias tidak masuk ke Uni Eropa. Yayasan Africafonds yang baru didirikan yang telah menerima 1,8 milyar euro akan menerima dana tambahan 500 juta euro. Rencananya Uni Eropa akan meningkatkan bantuan itu pada musim gugur nanti sehingga dana investasi tersebut mencapai 3,1 milyar euro.

Keterangan foto: Pengungsi dari Afrika menuju Italia © Massimo Sestini — Polaris (Time)

image_pdf

Comments

comments

About Baba Siu

Check Also

Cina akan tingkatkan kerjasama kontra-terorisme dengan Turki-islamicgeo

China akan tingkatkan kerjasama kontra-terorisme dengan Turki

BEIJING, ALAMISLAMI.COM — Perbedaan pandangan antara Turki dan China terkait dengan politik China kepada minoritas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *