Home / Alam Islami / Islam Mayoritas di Eropa di Masa Depan, Lebih Banyak Dibandingkan Kristen
PM dan Menteri Belgia Sebut Muslim akan Lebih Banyak di Eropa Dibandingkan Kristen-ISLAMICGEO

Islam Mayoritas di Eropa di Masa Depan, Lebih Banyak Dibandingkan Kristen

BELGIA, ALAMISLAMI.COM — Jumlah Muslim yang menjalankan ibadahnya (practising Muslim) akan melampaui jumlah umat Kristen yang menjalankan ibadahnya (practising Christian) di Eropa, seperti yang dinyataan Menteri Kehakiman Belgia Koen Geens (26/4). Dikatakan Geens bahwa hal ini yang selama ini tidak disadari dan merupakan sebuah realitas.

Dalam hearing dengan Komite Hukum dan Dalam Negeri Parlemen Eropa perihal serangan Brussel, Deputi PM Belgia yang juga Menteri Dalam Negeri Belgia Jan Jambon juga mengatakan bahwa ‘the worst thing we can do is to make an enemy of Islam. To make an enemy of all of those people, we really will be creating problems’.

Intinya, Menteri Jan Jambon menegaskan untuk tidak menjadikan muslim adalah musuh tetapi aliansi dalam hadapi terorisme..  Jambon pernah dikecam atas tuduhannya mengecam umat Islam atas Bom Brussels lalu.

Beberapa studi menunjukkan bawah jumlah Muslim meningkt 5% dari populasi negara di Eropa. Pew Research Centre pada tahun lalu melansir bahwa jumlah Muslim di Eropa termasuk Russia dan Ukraina akan meningkat 63% antara tahun 2010 dan 2050. Hal ini menunjukkan bahwa populasi Muslim meningkat dari 43,5 juta menjadi 71 juta.

Populasi Kristen di Eropa akan menurun di periode yang sama sebesar 18% dari 553 juta menjadi 454 juta. Di Belgia, studi menunjukkan bawah 10,7 juta populasi terdiri atas 6,9 juta adalah Kristen dan 630,000 Muslim. Di 2050, diperkirakan populasi akan menjadi 11,1 juta dengan 5,9 juta Kristen dan 1,3 juta Muslim. (Dailymail.co.uk/express.co.uk/tornosnews.gr/ANW)

image_pdf

Comments

comments

About Muhammad Anas

Mahasiswa Pascasarjana Politik dan Hubungan Internasional Timur Tengah Universitas Indonesia, owner Islamic Geographic www.islamicgeo.com dan indonesiaalyoum.com

Check Also

Tensi diplomatik Kawasan Teluk-islamicgeo

Tensi diplomatik Kawasan Teluk: Pemutusan hubungan diplomatik dan isolasi Negara-Negara Teluk terhadap Qatar

Oleh: Agung Nurwijoyo & Dkk Pendahuluan Berturut Bahrain, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Mesir dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *