Home / Eropa / Belanda / Jumlah Jutawan di Belanda Meningkat
milyuner

Jumlah Jutawan di Belanda Meningkat

DEN HAAG, ALAMISLAMI.COM — Jumlah jutawan di Belanda bertambah. Demikian dilaporkan jurnalis NRC Handelsblad, Sjoerd Klumpenaar, 27 Mei 2016. Menggunakan data Centraal Bureau voor de Statistiek (CBS), jumlah orang Belanda dengan kekayaan 1 juta euro atau lebih—belum terhitung nilai rumah mereka—tahun 2014 meningkat 3,8% sehingga menjadi 108.000 orang. Dengan kata lain, sekitar 1,4% penduduk Belanda berhak disebut jutawan.

Secara keseluruhan para jutawan di Belanda memiliki kekayaan 340 milyar euro. Sejak 2012 peningkatan jumlah mereka mencapai 5%.

Sebagian besar dari mereka berdomisili di kotapraja Noord-Holland yaitu di Blaricum, Bloemendaal dan Laren (masing-masing sekitar 10%). Kemudian diikuti Wassenaar (8,8%) dan Rozendaal (7,6%). Penduduk dengan konsentrasi milyuner terendah diraih Kerkrade (0,3%), disusul oleh Den Helder, Landgraaf dan Brunssum (masing-masing 0,4%).

Pada tingkat provinsi, Zeeland dan Utrecht merupakan kawasan dengan penduduk jutawan terbesar yaitu (1,7%), lalu disusul Noord-Holland (1,6%). Secara keseluruhan terdapat 78 kotaporaja di mana 2,5% penduduknya memiliki kekayaan di atas 1 juta euro. Namun, sebagian besar dari keseluruhan kotapraja (71%) yang jumlah jutawannya di bawah 1%.

Hampir seluruh jutawan (94%) tinggal di rumah sendiri. Sekitar 30% dari mereka memiliki rumah dengan nilai di atas 500 ribu euro. Sementara itu, warga dengan kekayaan relatif terbatas kebanyakan tinggal di rumah sewa (45%). Sekitar 2% dari non-jutawan yang memiliki rumah sendiri dengan nilai lebih dari setengah juta euro. Tetapi ada pepatah Belanda mengatakan: ‘Geld maakt niet gelukkig’ yang secara harfiah bermakna ‘Uang tidak membuat bahagia’.  Akan tetapi tanpa uang tampaknya juga bisa berakibat serupa. (BS/NL)

Keterangan foto © ANP/Lex van Lieshout

image_pdf

Comments

comments

About Baba Siu

Check Also

555444332211

Pengadilan Kasasi Mesir masukkan tokoh Ikhwan dalam list teroris

KAIRO, ALAMISLAMI.COM – Mahkamah Pengadilan Kasasi Mesir menguatkan putusan yang menetapkan tokoh-tokoh Ikhwanul Muslimin masuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *