Home / Eropa / Belanda / Kabinet Belanda Mendukung Pemerintah Turki
kabinet rutte

Kabinet Belanda Mendukung Pemerintah Turki

DEN HAAG, ALAMISLAMI.COM, 16/7/2016 – Kabinet Belanda berdiri di belakang pemerintahan Erdogan. Demikian pernyataan Perdana Menteri Mark Rutte begitu upaya kudeta oleh elemen tertentu dalam angkatan bersenjata Turki memperlihatkan tanda-tanda kegagalan serta reaksi dukungan yang cepat dan massif dari rakyat Turki menyambut seruan turun ke jalan oleh Presiden Erdogan, dinihari Sabtu, 16/7/2016.

Saat kudeta terjadi di Turki, Mark Rutte sedang berada di Ulan Bator, Mongolia menghadiri pertemuan puncak ASEM. Dalam konferensi itu Rutte membahas situasi di Turki dengan mitra-Eropanya. “Seluruh pemimpin Uni Eropa yang hadir di ibukota Mongolia itu secara bersama menyerukan agar segera kembali ke tatanan konstitusional di Turki, di mana mereka semuanya berdiri di belakang pemerintah Turki yang sah.”

Perdana Menteri Rutte juga menyampaikan bahwa ‘sangat disesalkan petulangan militer itu memakan banyak korban’. Rutte juga menyatakan ia mengikuti perkembangan di Turki dari menit ke menit.

Sedangkan di DPR Belanda, mayoritas anggota lega ketika kudeta militer di Turki tersebut gagal. Meskipun pada umumnya anggota parlemen Belanda kritis kepada Erdogan namun mereka tidak sepakat dengan cara yang digunakan untuk menyingkirkan presiden Turki itu. Menurut mereka, harus melalui jalan demokrasi. Hanya Geert Wilders saja yang menjadi pengecualian. Pemimpin PVV itu berkicau melalui akun twitternya: “Saya harap rezim Islam fasis Erdogan ini berakhir. Semakin cepat semakin baik.”

Fraksi-fraksi di DPR kuatir bahwa demokrasi tetap tidak bisa menang meskipun kudeta gagal. Mereka mensinyalir bahwa Erdogan akan mengambil tindakan apa saja yang dia anggap urgen untuk memperkuat basis kekuasaanya termasuk – antara lain – melemahkan tentara dan polisi. Kekuatiran itu disuarakan oleh Sjoerd W. Sjoerdsma, anggota parlemen dari D66.

Cukup mencengangkan bahwa sebagian besar para pemimpin di luar Turki baru memberikan dukungan kepada pemerintah Erdogan setelah melihat tanda-tanda bahwa usaha kudeta akan gagal. Dalam fatsoen politik dan diplomasi internasional, pernyataan-pernyataan dukungan semacam itu sangat lumrah meskipun kadangkala apa yang dinyatakan berbeda 180% daripada apa yang dilakukan dalam operasi di lapangan. Itulah politik dunia yang jamak berlaku saat ini.

Keterangan foto: Kabinet Rutte I © Hans Kouwenhoven/Rijksoverheid

image_pdf

Comments

comments

About Baba Siu

Check Also

akp turki-islamicgeo

Era Baru AKP: Sebuah Pembelajaran

Oleh: Agung Nurwijoyo “AKP terlahir kembali. AKP bukan sekedar partai bagi pemilihnya, ini adalah partai …