Home / Alam Islami / Komunitas Muslim Indonesia di Inggris Gelar Silaturahim Akbar
IMG_1852

Komunitas Muslim Indonesia di Inggris Gelar Silaturahim Akbar

London, ALAMISLAMI – Tak kurang dari 350 anggota masyarakat Muslim di Inggris menggelar pertemuan akbar di kompleks Masjid Besar Ashton, Manchester, 2 dan 3 April 2016, bertajuk Spring Gathering (Pertemuan Musim Semi).
Kegiatan enam bulanan kali ini menghadirkan Profesor Yunahar Ilyas, akademisi dan pengurus PP Muhammadiyah, sebagai pembicara utama, yang banyak berbicara soal kunci hidup bahagia di bawah naungan Alquran.
Bagi Yunahar, ini adalah untuk kali kedua diundang sebagai pembicara utama. Pada tahun 2000 ia juga menjadi salah satu pemateri di pertemuan yang diselenggarakan komunitas Muslim Indonesia di Inggris.
Acara ini sendiri dibuka oleh pejabat KBRI London, Eka Suripto, mewakili dubes Rizal Sukma yang berhalangan hadir.
Dalam sambutan pembukaan, seperti dikutip wartawan kantor berita Antara di Inggris, Eka menekankan pihaknya mengapresiasi diadakannya Spring Gathering sebagai wadah silaturahim untuk  menguatkan rasa kekeluargaan dan persaudaraan di antara warga negara Indonesia di rantau.
Eka mengharapkan silaturahim rutin seperti ini bisa memberikan kontribusi positif di masa datang.
Selain mendengarkan pemaparan dari Yunahar Ilyas, para peserta juga bisa mengikuti aneka lomba olahraga dan salah satu satu acara favorit, bazar makanan Indonesia.
Silaturahim akbar ini diselenggarakan oleh Keluarga Islam Indonesia di Britania Raya (KIBAR), organisasi yang mewadahi kegiatan Muslim Indonesia di Inggris.
Ketua KIBAR, Rhevy Adriade, mengatakan bahwa acara itu mendapat respons yang luar biasa dari masyarakat muslim Indonesia yang datang dari berbagai kota di Inggris, seperti London, Birmingham, Nottingham, Loughborough, Manchester, Leeds, Sheffield, Newcastle, Glasgow, Aberdeen, Bristol, dan Southampton.
Selain menggelar acara pertemuan akbar setiap enam bulan dengan tuan rumah bergantian, KIBAR juga secara reguler mengadakan acara-acara berbasis komunitas, seperti pengajian rutin, di berbagai kota di Inggris.
Hampir setiap kota besar di Inggris pernah menjadi tuan rumah gathering, seperti London, Birmingham, Nottingham, Newcastle, dan Manchester. (MS)
image_pdf

Comments

comments

About Nuryadi Ngadirin

Check Also

Cina akan tingkatkan kerjasama kontra-terorisme dengan Turki-islamicgeo

China akan tingkatkan kerjasama kontra-terorisme dengan Turki

BEIJING, ALAMISLAMI.COM — Perbedaan pandangan antara Turki dan China terkait dengan politik China kepada minoritas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *