Home / Alam Islami / Kursus Keislaman Bagi Pegawai Imigrasi Belanda
allochtonen

Kursus Keislaman Bagi Pegawai Imigrasi Belanda

DEN HAAG, ALAMISLAMI.COM, 7 Mei 2016 — Pegawai Bagian Penyidik dan Penyeleksi Dinas Imigrasi dan Naturalisasi (IND) Belanda mendapat kursus dasar-dasar keislaman. Bagian dari kursus tersebut ialah bagaimana seorang pegawai Imigrasi membedakan antara seorang ekstrimis dan Muslim biasa. Demikian berita yang dirilis oleh majalah digital pemerintah VreemdelingenVisie, 30 April 2016.

Selama ini pegawai IND khusus dalam bidang tersebut melayani permohonan izin tinggal sering terhambat oleh pemahaman mereka terhadap latar belakang agama pemohon serta berbagai aliran dalam Islam. Hal itu diungkapkan salah satu dosen yang memandu kursus, Jos van Aken, seorang pakar Bahasa Arab dan islamolog. Hal yang sama juga disampaikan Elwin Moerkens, pegawai Bidang Pengungsi dan Perlindungan IND.

Menurut Van Aken, misalnya jika seseorang mengucapkan ‘Allahuakbar’ tidak serta merta yang bersangkutan seorang teroris karena ungkapan itu digunakan oleh kaum Muslimin secara umum ketika melihat sesuatu yang luar biasa. Sama saja dengan ungkapan ‘Godallemachtig!’ yang juga digunakan banyak oleh orang Belanda dalam situasi yang sama. Kondisi serupa juga berlaku pada seseorang yang berjenggot panjang atau mengenakan pakaian tertentu. (BS/NL)

Keterangan foto: Para Imam yang Didatangkan dari Maroko © Geenstijl.nl

image_pdf

Comments

comments

About Baba Siu

Check Also

Cina akan tingkatkan kerjasama kontra-terorisme dengan Turki-islamicgeo

China akan tingkatkan kerjasama kontra-terorisme dengan Turki

BEIJING, ALAMISLAMI.COM — Perbedaan pandangan antara Turki dan China terkait dengan politik China kepada minoritas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *