Home / Alam Islami / Lagi, Ledakan Bom Bunuh Diri Guncang Istanbul Turki, 5 Tewas dan 39 Luka-luka!
bom istanbul taksim

Lagi, Ledakan Bom Bunuh Diri Guncang Istanbul Turki, 5 Tewas dan 39 Luka-luka!

Istambul, ALAMISLAMI.COM – Lima orang tewas dan 39 lainnya luka-luka dalam serangan bom bunuh diri pada 19 Maret di pusat Istanbul, İstiklal Avenue Taksim. HurriyetDaily melaporkan (19/3/2016), semua korban serangan selain penyerang adalah warga negara asing: warga negara Israel Simha Siman Demri, Yonathan Suher, Avraham Godman dan Iran Ali Riza Khalman. Menteri Kesehatan Turki Mehmet Müezzinoğlu mengatakan 39 orang, termasuk 24 warga negara asing dan seorang anak, terluka, sedang tujuh korban dirawat di rumah sakit dalam kondisi kritis.

“Kami sekarang berhadapan dengan situasi yang tidak menentu, tindakan tak terukur yang tidak manusiawi, menentang nilai-nilai kemanusiaan dan berbahaya,” kata Müezzinoğlu.

Perdana Menteri Turki Ahmet Davutoglu mengutuk bom tersebut sebagai serangan “tidak manusiawi” dalam keterangan tertulis, memperluas belasungkawa kepada keluarga korban serta berharap kesembuhan segera bagi yang terluka.

“Atas nama negara dan pemerintah, saya mengutuk pembunuh yang melakukan serangan mengerikan ini yang langsung ditargetkan kepda semua orang tanpa terkucuali, serta semua pengkhianat yang mendukung dan menghasut mereka untuk melaksanakan tindakan yang tidak manusiawi seperti itu,” kata Davutoglu.

Dia menambahkan bahwa pesan kecaman yang berdatangan dari mana-mana membuktikan bahwa seluruh dunia mulai melihat “wajah asli,” terorisme ini yang menargetkan “seluruh umat manusia dan hak rakyat untuk hidup.” Dia juga berjanji bahwa Turki akan terus memerangi terorisme dengan tekad yang sama “sampai benar-benar diberantas.”

DIDUGA PELAKU DARI PKK DAN ISIS

Tidak ada yang mengaku bertanggung jawab atas serangan di bagian İstiklal Avenue, jalan pejalan kaki yang panjang berjajar dengan toko-toko global dan konsulat asing, beberapa ratus meter dari daerah di mana bus polisi sering diparkir.

Dua pejabat Turki mengatakan kepada Reuters bukti awal mengindikasikan penyerang kemungkinan dari Partai Pekerja Kurdistan yang dilarang (PKK) atau Negara Islam Irak dan Levant (ISIL).

“Penyerang meledakkan bom sebelum mencapai titik sasaran karena mereka takut polisi,” kata pejabat itu, yang menolak disebutkan namanya karena penyelidikan sedang berlangsung. Jalan pejalan kaki benar-benar ditutup setelah serangan itu.

Sementara Dewan Radio dan Televisi (RTÜK) memberlakukan larangan sementara penyiaran gambar dan rekaman video dari tempat serangan itu. Larangan tersebut termasuk siaran langsung dari lokasi ledakan, cuplikan dari waktu ledakan itu terjadi dan setelah itu, dan mengekspose gambar tubuh.

image_pdf

Comments

comments

About Muhammad Zulifan

Check Also

Putin Dunia Islam dapat memperhitungkan Russia-islamicgeo

Putin: Dunia Islam dapat Memperhitungkan Russia

MOSCOW, ALAMISLAMI.COM — Presiden Russia Vladimir Putin mengatakan pada Rabu (17/5) bahwa Russia akan selalu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *