Home / Alam Islami / Langkah Maskapai Keretapi Belanda Menghadapi Cuaca Dingin Ekstrim
trein-ijs

Langkah Maskapai Keretapi Belanda Menghadapi Cuaca Dingin Ekstrim

DEN HAAG, ALAMISLAMI.COM, 07/01/2017 –  Dua maskapai keretapi Belanda yaitu Nederlandse Spoorwegen dan ProRail telah mengambil langkah antisipatif atas perkiraan musim dingin yang cukup ekstrim yang akan mendera Belanda. Langkah pertama, akan ada keretapi kosong yang akan menempuh rute rel tertentu pada malam hingga dinihari. Pola ini dikenal dengan trayek anti-es (ijzelritten) untuk mencegah es membeku pada kabel listrik penggerak keretapi.

Langkah berikutnya dengan menyiagakan layanan kereta-penarik musim dingin yang digunakan ketika ada keretapi yang terhenti di tengah jalan karena kondisi cuaca dingin. Layanan ini berupa 2 lokomotif diesel yang disiagakan pada lokasi-lokasi strategis yang dapat digunakan menarik gerbong yang macet ke lokasi yang aman.

Disamping itu bagian bawah keretapi juga diberikan lapisan anti-es yaitu dengan zat glycol untuk mencegah agar es tidak melekat pada keretapi. Dengan demikian mencegah agar lempengan es dan salju tidak jatuh merusak instalasi sambungan rel atau instalasi pada bagian bawah keretapi.

Tetapi langkah-langkah antisipatif tersebut belum diterapkan karena kondisi cuaca dingin di Belanda awal 2017 ini masih belum mencapai kategori ekstrim. (BS/NL)

Sumber gambar

image_pdf

Comments

comments

About Baba Siu

Check Also

Cina akan tingkatkan kerjasama kontra-terorisme dengan Turki-islamicgeo

China akan tingkatkan kerjasama kontra-terorisme dengan Turki

BEIJING, ALAMISLAMI.COM — Perbedaan pandangan antara Turki dan China terkait dengan politik China kepada minoritas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *