Home / Alam Islami / Manifesto Para Guru Besar, Filosof, Sastrawan dan Budayawan Belanda: ’Kita Semua adalah Migran’
pengungsi

Manifesto Para Guru Besar, Filosof, Sastrawan dan Budayawan Belanda: ’Kita Semua adalah Migran’

DEN HAAG, ALAMISLAMI.COM — Penyandang gelar Pemikir Tanah Air (Denkeres des Vaderlands) Belanda saat ini, Marli Huijer, menyerukan keterbukaan Eropa menerima para pengungsi. Filosof perempuan itu bersama seorang guru besar bidang etika, Martin van Hees, menuliskan manifesto yang berisi pleidooi,  yang ditandatangani pula oleh 180 orang guru besar, filosof, sastrawan dan budayawan terkemuka Belanda. Demikian dirilis oleh harian Trouw hari ini, Selasa, 29/3/2016.

Inti dari seruan mereka adalah bahwa suatu masyarakat yang terbuka justru akan memberikan kesempatan terbesar bagi terciptanya perdamaian dan kesejahteraan. Hal itu berdasarkan perjalanan sejarah Eropa sendiri. Sebaliknya, rasa ketakutan adalah isyarat yang buruk, dan rasa takut atas ketakutan bahkan lebih buruk lagi.

Eropa saat ini, menurut mereka, dilanda rasa takut atas derasnya arus pengungsi. Atas krisis ini Eropa malah mengambil sikap mengurung diri. Padahal idealisme dasar Eropa adalah keterbukaan. Menurut data Internationaal Instituut voor Sociale Geschiedenis antara tahun 1500 dan 1900 dalam interval 50 tahun 13-30% bangsa Eropa merantau ke negara lain. Dalam abad ke-20 lebih dari 43 juta orang Eropa pindah ke benua lain, atau setara dengan setengah juta orang per tahun.

Mereka mencoba berempati dengan nasib para pengungsi yang terpaksa harus tinggal berbulan-bulan di tempat penampungan yang jauh dari pemukiman penduduk. Seharusnya Eropa tidak bertanya bagaimana mencegah agar orang-orang yang terusir dari negerinya itu masuk ke Benua Biru ini; tetapi bagaimana sebaiknya Eropa bisa menerima mereka dengan tangan terbuka.

Diantara tokoh yang menandatangani manifesto itu adalah Job Cohen, mantan Walikota Amsterdam, Menteri Muda Bidang Pendidikan dan Sains sekaligus politisi senior Partai Buruh Belanda (PvdA). (BS/NL)

Keterangan foto: Pengungsi di lokasi penampungan Heumensoord © ANP/Valerie Kuypers (NRC Handelsblad)

image_pdf

Comments

comments

About Baba Siu

Check Also

Cina akan tingkatkan kerjasama kontra-terorisme dengan Turki-islamicgeo

China akan tingkatkan kerjasama kontra-terorisme dengan Turki

BEIJING, ALAMISLAMI.COM — Perbedaan pandangan antara Turki dan China terkait dengan politik China kepada minoritas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *