Home / Alam Islami / Partai ‘Etnis Turki’ dan Pendatang Terbentuk di Belanda
denk

Partai ‘Etnis Turki’ dan Pendatang Terbentuk di Belanda

Den Haag, ALAMISLAMI.COM—Harian dengan oplah terbesar di Belanda, De Telegraaf, 20/3/2016, merilis bahwa 2 anggota DPR Belanda (Tweede Kamer) dengan resmi mendirikan partai politik baru yang diberi nama Denk yang secara harfiah bermakna ‘pikir’, Sabtu, 19/3/2016. Sebelumnya kedua mantan anggota parlemen dari Partai Buruh (Partij van de Arbeid) itu hanya berupa gerakan politik.

Adalah Tunahan Kuzu dan Selcuk Öztürk yang menjadi motor utama Partai Denk ini. Mereka mengundurkan diri dari Fraksi PvdA, 13 November 2014 karena tidak sepakat dengan fraksinya dan atas kebijakan integrasi Wakil Perdana Menteri dan Menteri Urusan Sosial dan Kesempatan Kerja, Lodewijk Frans Asscher, yang juga dari PvdA. Perbedaan pendapat itu bermula dari kebijakan Menteri Asscher memperketat pengawasan asrama terpadu miliki etnis Turki yang ada di Belanda yang diduga tidak sesuai dengan kebijakan integrasi pemerintah.

Yang menarik dari manifesto politik Denk ini adalah bahwa pendatang tidak wajib berintegrasi dalam masyarakat Belanda. Berintegrasi ya, tapi tidak dipaksakan. Juga ketika ditanya wartawan bagaimana pendapat dan sikap mereka tentang ‘pemberangusan kebebasan pers’ di Turki, Kuzu  menjawab tidak pantas kalau orang-orang di Belanda mengarahkan telunjuk ke Ankara tanpa memahami konteks tuduhannya. Media di Belanda mensinyalir kedua anggota legislatif itu pro Erdogan dan banyak kesamaannya dengan AKP.

Partai Denk ini sepertinya punya ambisi kuat. Mereka punya kantor yang luas dan megah di pusat kota Rotterdam. Kota ini mereka pilih di kota ini awal munculnya gerakan populis kanan dan sentimen anti-pendatang, maka dari kota itu pula mereka ingin membalikkan trend tersebut. Di gedung itu pula mereka memiliki Denk Academie untuk pendidikan politik bagi kader-kadernya; OPOSITIE tempat beraktivitas untuk anak-anak muda berbakat; dan STATERA lembaga ilmiah mereka yang akan menyediakan masukan dan makalah-makalah akademiknya untuk Denk.

Berbeda dari Partai Islam Nida yang juga bermarkas di Rotterdam yang fokus dari pileg tingkat dua dan tingkat ‘kampung’, ambisi Denk ialah akan mengikuti seluruh pemilu legislatif mulai dari tingkat dua, tingkat provinsi, nasional hingga Parlemen Eropa. Bahkan dalam pileg DPR tahun 2017 mereka menargetkan 5 kursi. Saat ini yang sudah terdaftar sebagai anggota aktif Partai Denk sebanyak 1.300 orang. Secara khusus mereka mengangkat Ian van der Kooye sebagai ketua pemenangan Partai Denk. Van der Kooye ini adalah mantan anggota tim sukses Barack Obama dalam pilpres Amerika Serikat 2008.

Dalam peresmian di Rotterdam Sabtu kemarin hadir sekira 50-an orang pendukung Denk. Ketika ditanya wartawan mengapa mereka mendukung partai tadi mereka menjawab bahwa selama ini ‘mereka’ merasa tidak terwakili oleh partai politik yang ada. ‘Mereka’ yang dimaksud adalah para pendatang. Ada seorang pendukung Belanda berkulit putih yang hadir dalam acara tersebut dengan alasan dia kecewa dengan partai kiri: GroenLinks.

Seberapa jauh dukungan etnis Turki, para pendatang serta masyarakat asli Belanda terhadap Partai Denk ini masih harus dibuktikan dalam kontestasi elektoral. Yang terdekat adalah pileg Tweede Kamer, 15 Maret 2017. Partai ini tidak eksplisit menyatakan sebagai partai berbasis massa Islam, namun selama ini termasuk yang cukup peduli dengan isu-isu yang menyangkut kepentingan Kaum Muslimin dan pendatang di Belanda. Sang Waktu yang akan membukti masa depan ijtihad dan ikhtiar politik politisi etnis Turki ini. Namun koridor demokrasi di Belanda memberikan ruang bagi warganya memiliki pendapat, termasuk membuat partai politik dengan ideologi dan kepentingan masing-masing. (BS/NL)

Keterangan foto: Tunahan Kuzu dan Selcuk Öztürk © Partij Denk

image_pdf

Comments

comments

About Baba Siu

Check Also

Cina akan tingkatkan kerjasama kontra-terorisme dengan Turki-islamicgeo

China akan tingkatkan kerjasama kontra-terorisme dengan Turki

BEIJING, ALAMISLAMI.COM — Perbedaan pandangan antara Turki dan China terkait dengan politik China kepada minoritas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *