Home / Alam Islami / ‘Pekerja Migran Pertama’ di Belanda Rayakan Pernikahan ke-60
gastarbeiders

‘Pekerja Migran Pertama’ di Belanda Rayakan Pernikahan ke-60

DEN HAAG, ALAMISLAMI.COM—Pasangan pekerja migran (gastarbeider) pertama di Belanda asal Turki, Ali Güven (79 tahun) dan Serife Güven-Ayer (74 tahun), Jum’at, 25/3/2016 merayakan pernikahan mereka yang ke-60. Perayaan itu bukan ‘Ulang Tahun Intan’ biasa tetapi Ali Güven merupakan pekerja migran pertama yang datang ke Hellevoetsluis tahun 1962. Demikian dicitat dari berita yang dirilis Algemeen Dagblad, 28/3/2016.

Perayaan diadakan di rumah Ali Güven yang dihadiri keluarga besar mereka yang terdiri dari 3 anak, 3 cucu dan 2 cicit. Walikota Hellevoetsluis, Milène Junius, juga hadir mengucapkan tahniah kepada pasangan ini. Meja-meja penuh bunga dan piring berisi penganan kecil khas Belanda dan Turki.

Sebelum pindah ke Belanda, Ali Güven bekerja sebagai tukang las pada perusahaan Amerika di Turki. Ketika ditawari pindah kerja ke Belanda dia segera menerimanya. Sebagian besar masa kerjanya dilalui Ali Güven di Europoort. Sedangkan  isterinya, Serife Güven, bekerja di sektor produksi. Serife Güven: “Ik was gelijk gewend. De taal heb ik snel geleerd en ik heb mijn rijbewijs gehaald. Alles kan, maar je moet het wel willen.” (“Saya segera beradaptasi. Belajar Bahasa Belanda dengan cepat, lalu mengambil SIM. Di sini  semua bisa, asal ada kemauan.”)

Ketika ditanyakan apa rahasia pernikahan mereka yang langgeng, jawabannya: “Selalu bersama.”

Ali Güven merupakan salah satu anggota pendiri Asosiasi Pekerja Turki di Voorne-Putten tahun 1977. Di asosiasi ini Ali Güven bersama teman-temannya berusaha melestarikan kultur and tradisi Turki mereka. Pada asosiasi ini isterinya berperan sebagai penterjemah. “Sangat penting untuk dapat menguasai Bahasa Belanda dengan cepat,” ungkap Serife Güven. (BS/NL)

Keterangan foto: Ali dan Serife merayakan ‘Ultah Intan’ bersama keluarga besar mereka © John Biert

image_pdf

Comments

comments

About Baba Siu

Check Also

Cina akan tingkatkan kerjasama kontra-terorisme dengan Turki-islamicgeo

China akan tingkatkan kerjasama kontra-terorisme dengan Turki

BEIJING, ALAMISLAMI.COM — Perbedaan pandangan antara Turki dan China terkait dengan politik China kepada minoritas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *