Home / Alam Islami / ‘Penjagal Srebrenica’ Diganjar 40 Tahun Penjara
karadzic

‘Penjagal Srebrenica’ Diganjar 40 Tahun Penjara

DEN HAAG, ALAMISLAMI.COM— Mantan Pemimpin Republica Srpska dan Panglima Angkatan Bersenjata Serbia di Bosnia, Radovan Karadžić (70 tahun) divonis bersalah dalam genosida di Srebrenica dengan ganjaran 40 tahun penjara. Demikian dirilis NRC Handelsblad, 24/3/2016.

Putusan hukum yang dijatuhkan oleh Tribunal Internasional Bekas Federasi Yugoslavia (Internationaal Joegoslavië Tribunaal) di Den Haag itu menetapkan Karadžić bersalah dalam 11 dakwaan terkait genosida dalam konflik di Bosnia antara tahun 1992 dan 1995. Atas amar putusan tadi, Karadžić, langsung naik banding.

Genosida di Srebrenica tahun 1995 itu menelan korban 8.373  jiwa yang terdiri dari laki-laki dewasa dan remaja Muslim Bosnia. Saat itu Srebrenica adalah enclave aman yang dikawal oleh batalyon marinir Belanda yang bertanggung jawab atas wilayah tersebut. Dalam elaborasi putusan tribunal di Den Haag itu Karadžić digambarkan sebagai arsitek utama dibalik pembasmian etnis Muslim Bosnia dalam perang saudara paska bubarnya Federasi Yugoslavia. Dia juga dianggap bersalah menteror dan membunuh rakyat sipil dalam pengepungan yang gagal selama 44 bulan atas kota Sarajevo.

Atas vonis yang diterima Radovan Karadžić, Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte sendiri puas dan menilai bahwa ‘sangat penting memutuskan bahwa setiap pelaku kejahatan tidak boleh lepas dari hukuman.’ (BS/NL)

Keterangan foto: Radovan Karadžić 1994 © Mikhail Evstafiev

image_pdf

Comments

comments

About Baba Siu

Check Also

Cina akan tingkatkan kerjasama kontra-terorisme dengan Turki-islamicgeo

China akan tingkatkan kerjasama kontra-terorisme dengan Turki

BEIJING, ALAMISLAMI.COM — Perbedaan pandangan antara Turki dan China terkait dengan politik China kepada minoritas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *