Home / Alam Islami / Polisi Berpakaian Preman akan Kawal Kereta Api Prancis
thalys

Polisi Berpakaian Preman akan Kawal Kereta Api Prancis

DEN HAAG, ALAMISLAMI.COM—Dalam jumpa pers hari ini, Ahad, 3/4/2016, Dirut Perusahaan Kereta Api Prancis (SNCF), Guillaume Pepy, menjelaskan bahwa kereta api Prancis akan segera dikawal oleh polisi berpakaian preman; sejenis airmarshall dalam penerbangan sipil. Bahkan mereka memiliki wewenang menembak dan dalam trayek tertentu akan ditugaskan dalam kereta api penumpang.

Tuan Pepy merahasiakan trayek yang dimaksud. “Pihak keamanan kami sekarang memiliki otoritas menggunakan senjata api dan berpakaian preman di dalam kereta api serta berbaur dengan penumpang lain. Mereka juga berhak menggunakan senjata dan dilatih untuk itu.”

Disamping petugas berpakaian preman dan bersenjata Prancis juga mengerahkan para profilers untuk mengamati 40.000 kamera CCTV di stasiun-stasiun Prancis. Mereka bertugas mendeteksi orang-orang yang mencurigakan. Bahkan pada pintu gerbang stasiun tertentu akan dipasang detektor bahan peledak dan senjata.

Penyesuaian kebijakan SNCF itu bisa dilakukan setelah amendemen undang-undang yang diputuskan hari Rabu lalu. Sebelumnya pihak keamanan hanya boleh menggunakan senjatanya dalam kenderaan umum pada saat mengenakan pakaian seragam. Revisi peraturan tadi dianggap perlu setelah peristiwa ancaman serangan oleh seorang penumpang bersenjata otomatis ketika menumpang kereta api Thalys dari Amsterdam menuju Paris bulan Agustus 2015. (BS/NL)

Keterangan Foto: Kereta April Thalys © AFP

 

image_pdf

Comments

comments

About Baba Siu

Check Also

Putin Dunia Islam dapat memperhitungkan Russia-islamicgeo

Putin: Dunia Islam dapat Memperhitungkan Russia

MOSCOW, ALAMISLAMI.COM — Presiden Russia Vladimir Putin mengatakan pada Rabu (17/5) bahwa Russia akan selalu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *