Home / Eropa / Belgia / Polling di Uni Eropa: Jangan Beri Hati kepada Inggris dalam Deal Brexit
brexit

Polling di Uni Eropa: Jangan Beri Hati kepada Inggris dalam Deal Brexit

DEN HAAG, ALAMISLAMI.COM, 9/7/2016 — Dari hasil jajak pendapat yang dilakukan oleh lembaga YouGov diketahui bahwa mayoritas responden polling di Jerman, Prancis, Swedia dan Finlandia tidak menginginkan Inggris diberikan banyak kompensasi dalam deal Brexit. Hanya responden di Denmark yang relatif berpendapat sebaliknya.

Jajak pendapat dengan metode wawancara tadi dilaksanakan dari tanggal 30 Juni s.d. 5 Juli 2016 yang melibatkan 2.045 responden di Jerman, 1.008 orang di Prancis, dan sekitar 1.000 responden di Swedia, Finlandia dan Denmark.

Dari hasil yang dirilis hari Jum’at, 8/7/2016, 53% warga Jerman dan Prancis menyuarakan keinginan tersebut.

Sedangkan hampir separuh warga Jerman dan Prancis hanya akan mendukung perjanjian free-trade antara Uni Eropa dan Inggris jika negara itu membolehkan warga Uni Eropa untuk tinggal dan bekerja di Inggris.

Padahal menentang prinsip free movement of workers Uni Eropa itu dijadikan salah satu isu utama kampanye para pendukung Brexit agar keluar dari Uni Eropa.

Dalam proses keluar dari Uni Eropa pemerintah Inggris harus mengumumkan secara resmi kepada Brussel secara formal. Proses penyelesaiannya akan diberi tenggat waktu 2 tahun.

Salah satu kandidat kuat pengganti David Cameron sebagai perdana menteri, Menteri Dalam Negeri, Theresa May menegaskan bahwa dia akan melakukan pembicaraan informal terlebih dahulu dengan Uni Eropa untuk menyusun skema kesepakatan sebelum maju pada proses resmi pencabutan keanggotaan Inggris dalam masa 2 tahun tadi.

Keterangan foto: Bendera Uni Eropa dan Menara Big Ben © ANP

image_pdf

Comments

comments

About Baba Siu

Check Also

555444332211

Pengadilan Kasasi Mesir masukkan tokoh Ikhwan dalam list teroris

KAIRO, ALAMISLAMI.COM – Mahkamah Pengadilan Kasasi Mesir menguatkan putusan yang menetapkan tokoh-tokoh Ikhwanul Muslimin masuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *