Home / Alam Islami / Prestasi Hebat Polisi Belgia Berhasil Menangkap Hidup Tersangka Teroris
analisis

Prestasi Hebat Polisi Belgia Berhasil Menangkap Hidup Tersangka Teroris

Den Haag, ALAMISLAMI.COM—Setelah melakukan pengintaian intensif satuan elit polisi anti-teror Belgia berhasil menyergap dan meringkus hidup-hidup tersangka pelaku serangan teroris di Paris, Salah Abdeslam, Jum’at malam, sebagaimana disitat dari De Telegraaf, 18/3/2016. Abdeslam dilumpuhkan setelah kena tembakan di kakinya. Seorang tersangka lainnya yang diduga terlibat dalam aksi kekerasan di Paris juga ditangkap dalam keadaan hidup di wilayah Molenbeek.

Keberhasilan itu merupakan prestasi luar biasa dan langka terjadi. Biasanya tersangka atau pelaku tindak terorisme baru dapat ditangkap dalam keadaan tewas atau berhasil melarikan diri sehingga jaringan mereka sulit dibongkar dan dilumpuhkan.

Dengan prestasi itu Perdana Menteri Belgia, Charles Michels, kontan ditelepon Presiden Barack Obama yang mengucapkan selamat. Presiden Prancis, François Gérard Georges Nicolas Hollande juga menyampaikan tahniah dan langsung meminta ekstradisi tersangka ke Prancis. Bahkan Kapolri Belanda yang baru dilantik, Erik Akerboom, juga mengucapkan selamat kepada koleganya di Kepolisian Belgia.

Sedangkan menurut Koordinator Nasional Pemberantasan Terorisme dan Keamanan (NCTV) Belanda, Dick Schoof, penangkapan itu telah melemahkan para ekstrimis ISIS. Namun Belanda menurutnya harus tetap waspada.

Prestasi pihak Kepolisian Belgia ini pantas mendapat acungan jempol. Langkah yang lebih efektif barangkali perlunya menyelenggarakan program-program yang mencegah anak-anak muda Islam mengalami radikalisasi; menanamkan bahwa mereka bagian integral dari masyarakat Belgia serta melibatkan mereka ke dalam kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan yang positif dan prospektif bagi masa depan mereka. Sayang sekali jika anak-anak muda Islam yang penuh semangat itu akhirnya terlibat dalam pusaran aksi kekerasan yang mereka anggap benar; padahal perbuatan mereka telah menghilangkan nyawa orang-orang tidak bersalah serta aparat negara, yang sekaligus memperburuk persepsi masyarakat setempat terhadap Islam dan Kaum Muslimin. (BS/NL)

Keterangan Foto: Screenshot dari © De Telegraaf.

image_pdf

Comments

comments

About Baba Siu

Check Also

Putin Dunia Islam dapat memperhitungkan Russia-islamicgeo

Putin: Dunia Islam dapat Memperhitungkan Russia

MOSCOW, ALAMISLAMI.COM — Presiden Russia Vladimir Putin mengatakan pada Rabu (17/5) bahwa Russia akan selalu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *