Home / Alam Islami / Raja Saudi Kunjungi Mesir
salman

Raja Saudi Kunjungi Mesir

Kairo, ALAMISLAMI.COM – Kamis (7/4), Raja Saudi Salman Bin Abdul Aziz akan memulai kunjungan resmi  ke Mesir pada beberapa hari ke depan. Presiden Abdel Fattah al-Sisi akan menyambut Raja Abdullah di Bandara Internasional Kairo. Kunjungan tersebut akan membahas perjanjian kerjasama ekonomi dan menangani masalah politik antara kedua negara. Juga membahas isu-isu regional seperti apa yang terjadi  Suriah, Irak, Libya, Yaman, dan Iran.

Raja Salman dijadwalkan akan memeriksa beberapa proyek pembangunan dengan dana Saudi di beberapa daerah di Mesir. Serta penandatanganan beberapa perjanjian dan protokol antara kedua negara.

Sebuah pernyataan pers mengatakan bahwa kunjungan tersebut membantah adanya hubungan negatif antara Kairo dan Riyadh.

Presiden kedua negara akan menandatangani 24 kesepakan dalam sektor ekonomi. Dan 12 perjanjian dengan Departemen Kerjasama Internasional terkait proyek pembangunan di Semenanjung Sinai yang dibiayai Saudi senilai 1,5 miliar dolar.

Raja Salman didampingi Al-Sisi akan peletakan pondasi Universitas Raja Salman Bin Abdul Aziz di kota Tur, Sinai Selatan senilai 300 juta dolar. Universitas tersebut direncanakan akan dibuka paa 2018 mendatang. Khadimul Haramain tersebut juga akan peresmian jalan, kawasan pemukiman, proyek pertanian dan layanan di Sinai.

Orang nomor satu Saudi itu akan mengunjungi Al-Azhar dan akan disambut oleh Grand Syekh Ahmad Toyyib dan Anggota Ulama Senior Al-Azhar.

Wakil Masyikhah Al-Azhar, Abbas Sunman, Rabu lalu mengatakan bahwa Raja Salman akan memeriksa proses renovasi Masjid Al-Azhar dan beberapa proyek yang didanai Saudi. Saudi akan membiayai pembangunan gedung Channel Al-Azhar, percetakan al-Quran, Pusat Penelitian Islam untuk mahasiswa asing, asrama dan perluasan gedung fakultas di Unversitas Al-Azhar.

Ahad mendatang, Raja Salman dijadwalkan mengunjungi Gedung Parlemen yang berada di pusat Kairo. wakil Parlemen, Sulaiman wahdan mengatakan, “Ada kemungkinan Khadimul Haramain menyampaikan pidato di parlemen selama kunjungan bersejarah yang merupakan representasi kuatnya hubungan antara kedua negara.” Kemudian Raja Salman akan memeriksa pembangunan RS. Qash Aini Faransi yang juga didanai Saudi. Sumber: rassd.com (Salman).

image_pdf

Comments

comments

About Nuryadi Ngadirin

Check Also

Cina akan tingkatkan kerjasama kontra-terorisme dengan Turki-islamicgeo

China akan tingkatkan kerjasama kontra-terorisme dengan Turki

BEIJING, ALAMISLAMI.COM — Perbedaan pandangan antara Turki dan China terkait dengan politik China kepada minoritas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *