Home / Alam Islami / Rakyat Turki di Luar Negeri Mulai Memilih dalam Referendum
Rakyat Turki di Luar Negeri Mulai Memilih dalam Referendum-ISLAMICGEO

Rakyat Turki di Luar Negeri Mulai Memilih dalam Referendum

ANKARA, ALAMISLAMI.COM – Rakyat Turki yang tinggal di enam negara Eropa memulai memilih dalam gelaran referendum Turki pada Senin (27/3) hingga 9 AprIl mendatang. Keenam negara tersebut adalah Jerman, Austria, Belgia, Prancis, Swiss, dan Denmark.

Sekitar 3 juta imigran Turki berada di Jerman dan setengahnya memiliki hak pilih dalam referendum ini. WN Turki di Jepang, Tiongkok dan Afrika Selatan akan dapat memilih pada 9 April mendatang. Di AS, proses pemilihan akan dimulai pada 1 April, UK pada 6 April, Republik Turki Siprus Utara dan Belanda pada 5 April, Italia dan Arab Saudi pada 7 April dan Jerman serta Rusia pada 8 April. Pemilih juga dapat memilih di pelayanan bea cukai di pintu perbatasan dan bandara Turki sejak 27 Maret hingga 16 April.

Di Turki, 55,3 juta penduduk memiliki hak pilihnya dalam refrendum 16 April mendatang. Perubahan konstitusi Turki sudah dibicarakan sejak Erdoğan terpilih menjadi presiden pada Agustus 2014. Sebanyak 18 pasal disetujui parlemen pada Januari 2017 dengan 339 suara. Beberapa perubahan dalam konstitusi Turki diantarana perluasan peran eksekutif kepada presiden dan dihilangkannya posisi perdana menteri.

Presiden juga dapat menjadi bagian partai politik. Perubahan lainnya adalah usia minimal menjadi anggota parlemen adalah 18 tahun dan jumlah anggota dewan menjadi 600 orang. Secara simultan, pemilihan anggota parlemen dan presiden akan dilakukan setiap 5 tahun sekali dan dimulai pada November 2019. (Anadolu/ANW)

image_pdf

Comments

comments

About Muhammad Anas

Mahasiswa Pascasarjana Politik dan Hubungan Internasional Timur Tengah Universitas Indonesia, owner Islamic Geographic www.islamicgeo.com dan indonesiaalyoum.com

Check Also

Putin Dunia Islam dapat memperhitungkan Russia-islamicgeo

Putin: Dunia Islam dapat Memperhitungkan Russia

MOSCOW, ALAMISLAMI.COM — Presiden Russia Vladimir Putin mengatakan pada Rabu (17/5) bahwa Russia akan selalu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *