Home / Alam Islami / Sebuah Minimarket Halal di Prancis Terancam Ditutup Karena Tidak Menjual Alkohol dan Daging Babi
good price

Sebuah Minimarket Halal di Prancis Terancam Ditutup Karena Tidak Menjual Alkohol dan Daging Babi

DEN HAAG, ALAMISLAMI.COM, 6/8/2016 — Good Price, sebuah minimarket yang menjual produk-produk halal di pinggiran kota Paris, Colombes, diperintahkan oleh pemda setempat untuk juga menjual minuman beralkohol dan daging babi. Jika tidak minimarket tadi akan ditutup (Telegraph, 4/8/2016).

Minimarket yang menjual dengan harga terjangkau itu dinyatakan oleh dinas perumahan setempat yang menyewakan tempat mereka berjualan tidak mentaati syarat sewa yaitu sebagai ‘toko sembako umum’.

Alasan pemda setempat bahwa tidak semua warga terlayani kebutuhan mereka jika Good Price tidak menjual alkohol dan daging babi. Bahkan Walikota Colombes, Nicole Goueta, turun langsung dan meminta agar produk yang dijual Good Price diragamkan dengan penambahan 2 komoditas di atas.

Menurut staf walikota, Tuan Besnard, warga setempat khususnya para lansia tidak bisa lagi membeli barang kegemaran mereka sejak Good Price mengganti minimarket umum sebelumnya yang ada di sana. Mereka harus berbelanja ke tempat lain yang agak jauh.

Menurut Besnard mereka ingin interaksi sosial dan tidak ada kawasan yang hanya untuk Musim atau non-Muslim saja. Bahkan menurutnya, jika pun di tempat itu ada toko kosher (produk halal Yahudi), mereka akan memberlakukan kebijakan yang sama.

Sementara dinas perumahan setempat beralasan bahwa minimarket itu melanggar prinsip republiken Prancis di mana ada satu kelompok mendapat prioritas yang lebih dari kelompok masyarakat yang lain. Dinas ini telah membawa kasus ini ke pengadilan yang akan bersidang Oktober ini untuk menghentikan sewa lebih awal.

Soulemane Yalcin, pemilik minimarket tersebut menyatakan bahwa dia hanya melayani kebutuhan warga yang menjadi pelanggannya. Ini hanya murni urusan dan pertimbangan bisnis. Dia mempelajari lingkungan dan menentukan ceruk pasar serta siapa pelanggannya. Persyaratan sebagai ‘toko sembako umum dan kegiatan terkait’ tergantung bagaimana seseorang menafsirkan ‘kegiatan terkait’ tadi. Dia sudah menyiapkan pengacara untuk melawan keinginan dinas perumahan setempat tadi di pengadilan.

Keterangan Gambar: Minimarket Good Price © Le Parisien

image_pdf

Comments

comments

About Baba Siu

Check Also

Cina akan tingkatkan kerjasama kontra-terorisme dengan Turki-islamicgeo

China akan tingkatkan kerjasama kontra-terorisme dengan Turki

BEIJING, ALAMISLAMI.COM — Perbedaan pandangan antara Turki dan China terkait dengan politik China kepada minoritas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *