Home / Eropa / Belanda / Separuh Kenderaan Tempur AD Belanda Tidak Laik Pakai

Separuh Kenderaan Tempur AD Belanda Tidak Laik Pakai

leopard 2 a6 - nederlandDEN HAAG, ALAMISLAMI.COM—Menurut Kastaf Angkatan Darat Belanda, Jenderal Mart de Kruif, sekira separuh dari kenderaan tempur Angkatan Darat tidak laik pakai. Demikian berita yang diturunkan Algemeen Dagblad, Sabtu, 26/3/2016.

Menurut Jenderal Kruift kondisi memprihatinkan itu sebagai akibat dari kebijakan penghematan anggaran pemerintah Belanda yang sudah berlangsung 2 dasawarsa terakhir. Ranpur seperti panser, truk militer dan sejenisnya sudah sedemikian lapuk dimakan usia sehingga sering diparkir saja. “Hampir setengah dari ranpur yang masih laik pakai, selebihnya dikandangkan atau dalam kondisi rusak. Tidak aneh: kami masih menggunakan truk buatan tahun 1990-an. Dengan kondisi tersebut prajurit saya diperintahkan berlatih.”

Angkatan Darat juga mengalami keterbatasan amunisi dan ketertinggalan sistem otomatisasi. Sebagian sistem kendali masih menggunakan Windows XP yang saat ini sudah tidak di-support lagi. Untuk mengatasai masalah tadi, menurut Jenderal Kruift, kadang anak buahnya terpaksa mencari suku cadang melalui Markplaats. Hal ini tidak bisa terus dipertahankan. Jalan keluar yang ditawarkan sang jenderal berupa 2 opsi: Angkatan Bersenjata harus diperkecil dramatis atau perlu penambahan anggaran.

Pekan ini NATO merekomendasikan pemerintah Belanda untuk menambah alokasi anggaran untuk Angkatan Daratnya. Sementara itu, Menteri Pertahanan, Jeanine Antoinette Hennis-Plasschaert, memperkirakan perlu 2 milyar euro ekstra agar Angkatan Bersanjata Belanda kembali mencapai standar rata-rata kemampuan militer di Eropa.  Kemenhan akan segera membahas penambahan alokasi anggaran ini dengan Kemenkeu dalam penyusunan RAPBN Belanda tahun 2017. (BS/NL)

Keterangan foto: Tank Leopard 2 A6 Belanda © http://www.worldwide-military.com

image_pdf

Comments

comments

About Baba Siu

Check Also

555444332211

Pengadilan Kasasi Mesir masukkan tokoh Ikhwan dalam list teroris

KAIRO, ALAMISLAMI.COM – Mahkamah Pengadilan Kasasi Mesir menguatkan putusan yang menetapkan tokoh-tokoh Ikhwanul Muslimin masuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *