Home / Alam Islami / Siswa Muslim di Basel Harus Mau Berjabat Tangan dengan Gurunya atau Didenda
salim

Siswa Muslim di Basel Harus Mau Berjabat Tangan dengan Gurunya atau Didenda

DEN HAAG, ALAMISLAMI.COM, 4/6/2016 — Pemda Provinsi Basel-County, Swiss mewajibkan siswa Muslim di sana untuk mau berjabat tangan dengan ibu gurunya, kalau tidak akan dikenakan denda yang bisa mencapai 5.000 franc (sekitar Rp 69 juta).

Amar keputusan itu dikeluarkan hari Rabu, 2/6/2016, 2 bulan setelah 2 siswa Muslim menolak menyalami ibu gurunya di sebuah sekolah dasar di Therwil, tidak jauh dari Basel. Kedua siswa tadi beralasan bahwa menyentuh perempuan yang bukan muhrim adalah haram.

Insiden tadi mendapat sorotan luas di Swiss yang menganggap itu tidak saja diskriminasi jender tetapi juga sebagai hinaan terhadap prinsip dasar budaya Swiss. Bersalaman merupakan kebiasaan orang Swiss yang diajarkan sejak usia dini sebagai bentuk penghormatan.

Setelah peristiwa itu kedua siswa diberikan dispensasi untuk tidak menyalami seluruh guru mereka. Dengan keluarnya putusan Pemda tadi dispensasi tersebut dicabut dan kini mereka wajib menyalami semua gurunya tanpa membedakan jenis kelamin atau menerima konsekuensinya.

Keterangan foto: Siswa menyalami ibu gurunya © Nicola Woolcock, The Times, Getty Images

image_pdf

Comments

comments

About Baba Siu

Check Also

Cina akan tingkatkan kerjasama kontra-terorisme dengan Turki-islamicgeo

China akan tingkatkan kerjasama kontra-terorisme dengan Turki

BEIJING, ALAMISLAMI.COM — Perbedaan pandangan antara Turki dan China terkait dengan politik China kepada minoritas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *