Home / Berita / Tokyo University temukan enzim untuk atasi kanker lambung
nature microbiology

Tokyo University temukan enzim untuk atasi kanker lambung

TOKYO, ALAMISLAMI.COM. Sumber Asahi Shimbun melaporkan bahwa telah ditemukan enzim untuk mengurangi rasa sakit karena kanker lambung dengan bakteri Helicobacter pylori yang berada di mukosa lambung. Temuan dari Profesor Masanori Hatakeyama (Tokyo University) ini dipublikasikan di jurnal internasional Nature Microbiology (versi elektronik) pada tanggal 15 Maret 2016.  Nature Microbiology adalah jurnal ilmiah terkenal yang mempunyai impact factor tinggi (IF 23.574) sehingga banyak ilmuan bidang biologi ingin menerbitkan temuannya di jurnal tersebut.

Sebagian besar orang Jepang penderita kanker lambung terinfeksi bakteri H. Pylori. Ketika protein Pylori memasuki sel-sel perut dan ditambah dengan enzim yang disebut “SHP2”, diketahui justru akan memicu perkembangan kanker lambung. Tetapi jika protein ini dikombinasikan dengan enzim lain yaitu “SHP1”, ditemukan hasil bahwa sakit karena kankernya bisa ditekan.

Diketahui juga, 10% pasien kanker lambung selain itu terinfeksi H. pylori juga terinfeksi virus EB, yang dikenal sebagai penyebab penyakitnya. Hatakeyama dan timnya mengkonfirmasikan bahwa jumlah SHP1 dalam sel terinfeksi virus menurun, sementara pergerakan protein yang terbuat oleh H. pylori meningkat. Hatakeyama juga mengatakan, “Jika ditemukan materi yang dapat meningkatkan SHP1 maka dapat digunakan sebagai obat pencegah kanker lambung.” (Sumber Yahoo.co.jp/NN)

image_pdf

Comments

comments

About Nuryadi Ngadirin

Check Also

555444332211

Pengadilan Kasasi Mesir masukkan tokoh Ikhwan dalam list teroris

KAIRO, ALAMISLAMI.COM – Mahkamah Pengadilan Kasasi Mesir menguatkan putusan yang menetapkan tokoh-tokoh Ikhwanul Muslimin masuk …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *