Home / Alam Islami / Turki Akan Berlakukan Bebas Visa bagi Warga Uni-Eropa
turki-eu

Turki Akan Berlakukan Bebas Visa bagi Warga Uni-Eropa

DEN HAAG, ALAMISLAMI.COM, 20/5/2016 — Turki akan memberlakukan bebas vsa bagi warga 28 negara anggota Uni-Eropa, jika warga negara Turki juga mendapat perlakuan serupa dari seluruh negara anggota Uni-Eropa (prinsip resiprokalitas). Hal itu menjadi salah satu dari 72 syarat yang harus dipenuhi Turki agar warganya bebas berkunjung ke Uni-Eropa tanpa visa.

Saat ini warga dari 11 negara anggota Uni-Eropa masih memerlukan visa untuk mengunjungi Turki. Salah satunya ialah warga Siprus Yunani. Dengan pemberlakuan bebas visa di atas tidak serta-merta bermakna Turki mengakui Siprus sebagai sebuah negara yang sah.

Menurut Komisi Eropa Turki masih punya tenggat waktu hingga akhir Juni 2016 untuk memenuhi seluruh kriteria tadi plus penggunaan paspor biometris. Ketentuan itu tetap harus mendapat lampu hijau dari negara anggota Uni-Eropa dan Parlemen Eropa. Menurut perkiraan Menteri Muda Urusan Suaka dan Migrasi Belanda, Klaas Dijkhoff, Turki kemungkinan besar akan mampu memenuhi seluruh persyaratan di atas hingga akhir Juni nanti.

Akan tetapi, Jum’at, 20/5/2016, Komisi Eropa juga mempertimbangkan aturan di mana jika ada keluhan dari salah satu negara anggota maka kebijakan bebas visa bagi warga Turki dapat ditinjau ulang serta aturan wajib visa dapat diberlakukan kembali. Nanti, keputusan atas kebijakan ‘rem darurat’ itu akan diambil oleh Komisi Eropa. (BS/NL)

Keterangan foto: Pertemuan Puncak Turki-Uni-Eropa, Brussel © The Guardian

image_pdf

Comments

comments

About Baba Siu

Check Also

Cina akan tingkatkan kerjasama kontra-terorisme dengan Turki-islamicgeo

China akan tingkatkan kerjasama kontra-terorisme dengan Turki

BEIJING, ALAMISLAMI.COM — Perbedaan pandangan antara Turki dan China terkait dengan politik China kepada minoritas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *