Home / Alam Islami / Turki Ingin Menjadi Anggota Uni Eropa Menjelang 2023
İzzet Selim Yenel

Turki Ingin Menjadi Anggota Uni Eropa Menjelang 2023

DEN HAAG, ALAMISLAMI.COM, 20/8/2016 — Turki menginginka dalam waktu 7 tahun negeri itu telah menjadi anggota Uni Eropa. Artinya ketika Turki merayakan 100 tahun sebagai republik maka akan sangat semarak dan khidmat pula perayaannya sebagai anggota Uni Eropa. Demikian ditegaskan oleh Wakil Tetap Turki di Uni Eropa, İzzet Selim Yenel, kepada koran Jerman, Die Welt sebagaimana yang dikutip Algemeen Dagblad (20/8/2016).

Meskipun hubungan antara Ankara dan Brussel pasca kudeta yang gagal agak menegang namun Yenel mengharapkan hubungan keduanya akan membaik. Hal itu dapat dimulai, misalnya kunjungan kepala pemerintahan Eropa ke Ankara.

Menurut diplomat senior Turki ini, keanggotaan Turki tidak saja baik untuk negerinya tetapi juga untuk Uni Eropa secara keseluruhan. Dengan menerima Turki akan mengubah persepsi bahwa blok Eropa ini juga terbuka untuk negara-negara non-Kristiani di Eropa.

Turki telah menjadi negara calon anggota Uni Eropa sejak 1999. Hingga saat ini belum separuh dari bab-bab utama rundingan yang telah dimulai. Beberapa negara anggota Uni Eropa beberapa waktu lalu bahkan telah berhenti membahasnya.

Keterangan Gambar: İzzet Selim Yenel © Yeni Haber

image_pdf

Comments

comments

About Baba Siu

Check Also

Putin Dunia Islam dapat memperhitungkan Russia-islamicgeo

Putin: Dunia Islam dapat Memperhitungkan Russia

MOSCOW, ALAMISLAMI.COM — Presiden Russia Vladimir Putin mengatakan pada Rabu (17/5) bahwa Russia akan selalu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *