Home / Alam Islami / Walikota Den Haag, Van Aarsten Berhenti
j.j. van aartsen

Walikota Den Haag, Van Aarsten Berhenti

DEN HAAG, ALAMISLAMI.COM, 02/03/2017 — Kemarin, 1 Maret 2017, walikota Den Haag, Jozias van Aartsen, berhenti. Dia mulai menjabat sebagai walikota kota internasional tersebut tahun 2008 ketika menggantikan Wim Deetman, 27 Maret 2008. Berasal dari Partai Liberal (VVD), Walikota Van  Aarsten dikenal juga sebagai seorang pemimpin bertangan dingin yang berhasil menyatukan antara Hagenaren (warga yang tinggal di kawasan pinggir pantai Den Haag [op het zand]) dan Hagenezen (warga yang tinggal di kawasan agak pedalaman [op het veen] Den Haag yang kini dihuni banyak imigran).

Selama memimpin Den Haag, Van Aarsten dikenal sebagai ambtenaar dengan gaya sebagai penegak hukum dan ketertiban yang klasik. Dia juga dianggap berhasil memberikan warna internasional terhadap kota Den Haag.

Karir Van Aartsen

Jozias van Aartsen memulai karir politiknya di VVD pada usia 22 tahun pada tahun 1970. Setelah jeda dari studinya di Jurusan Ilmu Hukum dia menjadi staf fraksi VVD di parlemen (Tweede Kamer) yang setahun kemudian menjadi sekretaris fraksi. Dalam posisi ini dia antara lain menjadi penyusunan pidato politisi senior VVD, Hans Wiegel. Tahun 1974 dia menjabat direktur Teldersstichting yaitu biro riset VVD. Lima tahun kemudian dia pindah kerja ke Kementerian Luar Negeri Belanda.

Bulan Agustus 1994 Van Aartsen diangkat menjadi Menteri Pertanian (Minister van Landbouw) dalam Kabinet-Kok I. Empat tahun kemudian, dalam Kabinet-Kok II dia menjadi Menteri Luar Negeri (Minister van Buitenlandse Zaken).

Selepas menjabat menteri, Van Aartsen menjadi ketua fraksi VVD dari tahun 2003 hingga 2006. Sempat menjadi koordinator bidang energi di Uni Eropa, sebelum diangkat menjadi walikota Den Haag.

Foto: ©Roel Wijnants

image_pdf

Comments

comments

About Baba Siu

Check Also

Putin Dunia Islam dapat memperhitungkan Russia-islamicgeo

Putin: Dunia Islam dapat Memperhitungkan Russia

MOSCOW, ALAMISLAMI.COM — Presiden Russia Vladimir Putin mengatakan pada Rabu (17/5) bahwa Russia akan selalu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *